Seputar Penyakit

Begini Cara Merawat Organ Intim Wanita dengan Baik dan Benar

07/29/2017

Setiap wanita tentunya perlu memahami dan mengerti cara merawat organ intimnya masing-masing. Hal ini perlu dilakukan tujuannya agar kesehatan dan kebersihan organ intim tetap selalu bersih dan terjaga. Lalu bagaimana cara merawat organ intim wanita dengan baik dan benar?

Bagi para wanita, munculnya bau yang tidak sedap dari organ intimnya merupakan hal yang sangat mengganggu. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada kehidupan pernikahan Anda serta membuat Anda kehilangan kepercayaan diri Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa hal yang mengakibatkan vagina Anda mengeluarkan aroma tertentu. Oleh karena itu jangan Anda terlalu mengkhawatirkannya dengan cara yang berlebihan. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan apabila vagina Anda mengeluarkan aroma tajam yang berbau amis, sebab hal ini merupakan pertanda bahwa telah terjadinya masalah kesehatan pada vagina Anda. Apalagi jika vagina Anda mulai mengeluarkan flek yang tidak normal, gatal dan menimbulkan rasa panas seperti terbakar. Jika tanda-tanda ini Anda alami, maka sangat disarankan untuk segera menemui dokter spesialis kandungan untuk berkonsultasi.

Vagina Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap

perawatan keputihanSaat vagina mengalami kondisi lembab, biasanya akan mengeluarkan aroma. Hal ini sama seperti tubuh yang mengeluarkan keringat. Selain itu, ternyata terjadinya siklus menstruasi serta aktivitas seksual Anda menjadi salah satu pemicu vagina mengeluarkan aroma yang berbeda dari biasanya.

Di luar semua itu, vagina yang mengalami infeksi merupakan penyebab utama vagina mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan vagina secara alami akan mengeluarkan lendir yang berguna untuk menjaga agar tingkat pH tetap seimbang sehingga bakteri-bakteri baik dapat terus berkembang baik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Sebab apabila tingkat pH tidak seimbang, maka vagina akan dengan mudah terinfeksi. Salah satu infeksi yang biasanya terjadi adalah bacterial vaginosis, yaitu suatu kondisi dimana pertumbuhan bakteri di dalam vagina lebih tinggi dibandingkan saat kondisi normal sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, bau pada vagina yang tidak sedap juga dapat disebabkan oleh bakteri trikomoniasis, yaitu bakteri penyebab salah satu penyakit menular seksual.

Hal umum lainnya yang menyebabkan vagina mengeluarkan aroma yang tidak sedap yaitu akibat dari kurang bersihnya dalam menjaga dan merawat vagina. Oleh karena itu para wanita supaya memahami cara tepat untuk dapat menjaga dan merawat kebersihan organ vitalnya.

Cara Merawat Organ Intim Wanita

Cara merawat organ intim wanita yang pertama adalah dengan selalu membersihkan organ intim dengan menggunakan air hangat, tanpa menggunakan sabun atau produk khusus setiap kali Anda mandi. Selalu hindari sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan organ intim dengan bahan kimia yang mengandung parfum. Kemudian selalu pastikan untuk membersihkan organ intim Anda dengan cara memulainya dari arah depan ke arah belakang, bukan sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk mencegah mikroba dari anus menyebar ke dalam vagina dan saluran kemih. Lakukanlah hal yang sama saat Anda membasuh anus ketika telah selesai buang air besar maupun kecil, dan jangan pernah lupa untuk selalu mengeringkan bagian organ intim Anda.

Cara merawat organ intim wanita yaitu saat Anda mengalami menstruasi adalah selalu ganti pembalut Anda selama beberapa jam. Hal itu bertujuan untuk dapat memastikan bahwa vagina Anda tetap selalu bersih dan tidak lembab.

Cara merawat organ intim wanita ketika berpakaian adalah jangan terlalu sering dalam menggunakan panty liner, sebab hal itu akan membuat vagina tidak dapat bergerak dengan bebas sehingga menjadi lembab dan menciptakan kondisi yang dapat memicu mikroba berkembang biak.

Cara merawat organ intim selanjutnya adalah selalu menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun atau serat alami. Jangan sekalipun menggunakan bahan sintetis sebab mempunyai efek yang sama dengan panty liner, dan jangan pernah menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat.

Disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan produk pembersih khusus untuk membersihkan organ intim Anda. Hal itu karena organ intim Anda mempunyai sistem pembersih yang alami. justru produk pembersih khusus organ intim acap kali mengganggu tingkat kenormalam pH pada vagina Anda sehingga memicu terjadinya iritasi atau infeksi

Selain itu, jika pakaian dalam Anda basah karena berkeringat, maka segeralah ganti pakaian dalam atau celana Anda.