Kesehatan

Beginilah Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

07/15/2017

Pernahkah Anda mengalami rasa tidak nyaman seperti panas di dalam tenggorokan Anda? Jika Anda pernah mengalaminya, berarti Anda terkena panas dalam. Lalu bagaimana cara mengobati panas dalam?

Panas dalam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu keadaan di mana terjadinya ketidakseimbangan suhu pada tubuh. Walaupun tidak berbahaya, namun jika tidak diatasi akan semakin parah. Pada sebagian kasus, panas dalam merupakan pertanda akan datangnya suatu penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan dan saluran pernapasan. Oleh sebab itu, Anda diharuskan selalu waspada jika panas dalam yang Anda alami tidak mengalami kesembuhan bahkan semakin parah.

Semua orang tentunya dapat terserang panas dalam, mulai dari bayi sampai yang telah memasuki usia lanjut. Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya panas dalam, antara lain yaitu:

  • Kurangnya cairan di dalam tubuh
  • Terjadinya penurunan daya tahan tubuh
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak
  • Kurang mengkonsumsi makanan yang berserat
  • Tidak stabilnya hormon di dalam tubuh
  • Faktor cuaca panas
  • Stress
  • Terjadinya proses peradangan

Beberapa gejala yang biasanya dialami oleh orang yang mengalami panas dalam adalah munculnya sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut tak sedap, munculnya rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti kembung dan mual, tenggorokan yang terasa sakit dan kering, terjadinya peningkatan suhu tubuh, dan susah buang air besar.

Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami

Untuk mengobati panas dalam dapat menggunakan bahan-bahan atau ramuan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Saat munculnya panas dalam, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan kimia, hal ini dikarenakan Anda belum mengetahui secara pasti apakah Anda terserang suatu penyakit tertentu. Ketika Anda panas dalam, sebaiknya Anda atasi terlebih dahulu dengan bahan-bahan alami yang bertujuan untuk dapat menyeimbangkan nutrisi, elektrolit, cairan, dan memperbaiki sistem kekebalan pada tubuh Anda. Adapun cara mengobati panas dalam secara alami, yaitu:

Air kelapa muda

Air kelapa muda sangat dikenal oleh sebagian masyarakat mempunyai kandungan elektrolit yang tinggi dan efektif untuk menyembuhkan panas dalam. Selain itu dengan meminum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi dehidrasi. Sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa muda, tubuh Anda akan menjadi terasa lebih segar, selain itu air kelapa muda juga dapat menetralkan suhu tubuh, serta menyeimbangkan cairan elektrolit pada tubuh. Cara mengobati panas dalam, Anda dapat mengambil air yang terdapat di dalam kelapa yang masih muda dan dapat dicampurkan dengan menggunakan madu untuk lebih menambah khasiatnya.

Lemon dan Madu

Lemon adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Menurut penelitian, vitamin C sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk mengatasi panas dalam. Selain itu, lemon juga memberikan rasa segar pada tubuh. Untuk mengobati panas dalam Anda menggunakan lemon dan madu, Anda cukup mencampurkan air perasan buah lemon dengan 6 sendok makan madu murni, selanjutnya Anda minum secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari

Kacang hijau

Kacang hijau terkenal mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang cukup tinggi ini sangat berkhasiat untuk meredakan panas dalam dan melancarkan pencernaan. Selain itu, mengkonsumsi kacang hijau juga dipercaya dapat memperbaiki sistem imunitas pada tubuh Anda. Untuk mengobati panas dalam menggunakan kacang hijau dapat Anda lakukan dengan meminum air rebusan kacang hijau tersebut.

Cincau

Cara mengobati panas dalam selanjutnya adalah dengan cincau adalah bahan yang terbuat dari tumbuhan yang diolah secara alami dan biasanya digunakan sebagai campuran minuman dengan efek menyegarkan. Selain segar dan menghilangkan rasa haus, mengkonsumsi cincau ternyata dapat meredakan panas dalam, yaitu dengan mengkonsumsinya tanpa menggunakan es.

Kencur

Tentu Anda tidak asing lagi dengan tanaman obat yang satu ini, selain sebagai bumbu masakan dan tergolong ke dalam tanaman herbal, ternyata kencur juga bermanfaat sebagai obat untuk panas dalam. Dengan kandungan mineral alaminya yang dapat menurunkan panas di dalam tubuh tentunya tidak dapat dipungkiri jika kencur dapat mengobati panas dalam. Konsumsilah ramuan kencur yang telah dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya secara teratur minimal 2 kali sehari untuk mengobati panas dalam.

Itulah beberapa cara mengobati panas dalam secara alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.