Banyak Pilihan Berbelanja Barang Elektronik Bikin Pusing

Panduan Membuat Aplikasi Mobile dengan Nokia AppWizard

Panduan Membuat Aplikasi Mobile dengan Nokia AppWizard

Setelah belanja makanan ringan di minimarket, saya melanjutkan misi untuk menggali banyaknya pilihan yang kita dapat saat belanja barang elektronik. Saya meninggalkan supermarket dan menuju toko elektronik. Saya menemukan barang-barang sebagai berikut: 45 jenis stereo system dengan 50 jenis speaker set yang berbeda, 42 jenis komputer notebook yang hampir semuanya dapat diubah-ubah sesuai keinginan, 27 jenis printer yang berbeda yang disediakan untuk komputer, 110 jenis televisi menawarkan teknologi canggih layar datar dan berbagai ukuran, dan ratusan barang elektronik lainnya.

Tidak seperti produk supermarket dan minimarket, barang-barang di toko elektronik tidak habis digunakan dalam waktu singkat. Barang-barang elektronik bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif panjang. Apabila kita salah membeli, entah kita harus menerimanya atau mengembalikannya dan mengulangi lagi proses pemilihan yang sulit dalam membeli barang.

Selain itu, kita tidak dapat mengandalkan kebiasaan untuk menyederhanakan keputusan, karena kita tidak membeli notebook murah setiap minggu. Dan karena teknologi terus berkembang begitu cepat maka ada kemungkinan model notebook yang baru kita beli akan cepat ketinggalan jaman. Setiap bulan akan selalu ada peluncuran notebook tipis harga murah dan diklaim sebagai komputer jinjing terbaik di kelasnya.

Dalam hal ini, banyaknya pilihan akan menjadi konsekuensi yang serius dalam acara berbelanja kita. Berbelanja dengan cara membanding-bandingkan harga untuk mendapatkan harga yang terbaik masih merupakan satu dimensi lain dalam memilih. Jadi, apabila Anda adalah tipe orang yang selalu berbelanja dengan hati-hati, Anda dapat menghabiskan sebagian waktu terbaik untuk memilih produk elektronik. Hal ini terjadi pula dalam proses membeli sepeda motor injeksi irit harga murah baik secara kontan maupun kredit.

Namun siapa yang punya waktu untuk membuat perbandingan tiap produk secara detail? Mungkin hanya profesor ekonomi yang

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Ekonomi and tagged , , , . Bookmark the permalink.