Memasarkan Barang Dan Jasa Dengan Anggaran Dana Terbatas

gambar sendok pisau dan garpu

gambar sendok pisau dan garpu

Hallo blogger Indonesia! Jika Anda saat ini berprofesi sebagai seorang penjual atau marketer, maka Anda perlu memahami sepenuhnya bisnis pembelian dan penjualan barang atau jasa berikut tantangannya. Anda juga perlu memahami tujuan usaha pada tingkat organisasi, departemen, dan pribadi. Anda memiliki sejumlah peluang untuk mengaitkan penawaran Anda dengan salah satu atau lebih anggaran yang ada.

Contoh sederhana disajikan oleh MT Bosworth dalam buku Solution Selling: Creating Buyers in Difficult Selling Markets. Salah satu klien mereka menjual situs jejaring interaktif pada sejumlah perguruan tinggi dan universitas. Situs jejaring khusus ini pada dasarnya mendorong lebih banyak kontribusi dan partisipasi keuangan dari anggota alumni, semacam lembaga amal untuk ikatan alumni lembaga pendidikan.

Jika kantor alumni yang ada di perguruan tinggi dan universitas ini tidak memiliki anggaran untuk membeli karya online ini, klien mereka dapat mengusahakan dari anggaran lain yang masih berada di bawah kendali kantor pengembangan. Misalkan diambilkan dari anggaran pemasaran sekolah atau anggaran sekolah untuk situs jejaring umum sekolah, atau diambilkan sedikit dari sana-sini.

Pembelian dan Penjualan Dengan Dana Terbatas

Masih menurut MT Bosworth, contoh lain memasarkan produk dengan anggaran terbatas adalah dari klien Marc T Miller yang terkenal. Trimble menjual instrumen mahal dan berkualitas untuk peralatan konstruksi dan survei pertanahan. Instrumen ini dijual pada kontraktor konstruksi, perusahaan pertambangan, perusahaan enginering atau survei, departemen jasa marga di tingkat kota, dan beberapa bidang terkait.

Bila terdapat kontraktor konstruksi yang tidak memiliki dana pada pos anggaran modal untuk peralatan, maka dana ini sering kali diambil dari anggaran operasional yang dikaitkan dengan salah satu proyek konstruksi. Dalam hal penjualan sepeda motor untuk kegiatan transportasi usaha, sales motor sering menawarkan pembelian kredit bila pembelian kontan tidak dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Dari dua contoh di atas kita bisa perhatikan bahwa pengalihan anggaran ini akan menjadi lebih mudah jika seorang marketer dapat menunjukkan ROI (return of invesment) secara jelas. Jika pada saat ini Anda belum memiliki model untuk menghitung ROI yang spesifik bagi setiap pembeli, segera ciptakan model tersebut. Semoga artikel marketing ini bisa memberi inspirasi untuk Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Ekonomi and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Memasarkan Barang Dan Jasa Dengan Anggaran Dana Terbatas

  1. Jorge Roethle says:

    Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at.

Comments are closed.