Dunia Filateli: Hobi Koleksi Perangko Bekas

Hobi mengumpulkan perangko bekas merupakan hobi yang unik dan tidak semua orang menyukai. Kegemaran koleksi perangko ini disebut juga dengan filateli. Para filatelis (orang yang memiliki hobi mengumpulkan perangko) mendapatkan perangko melalui beragam cara. Misalnya, membeli di kantor pos, tukar menukar perangko dengan sesama kolektor, hingga mengunjungi stand pedagang perangko di mall atau pameran perangko. Informasi filateli antar kolektor berguna dalam hal berburu perangko bekas.

Koleksi perangko bekas membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Dua hal tersebut dibutuhkan dalam hal merawat benda berukuran kecil. Kalau pandangan mata tidak awas, bisa-bisa Anda cepat menyerah. Perawatan perangko meliputi pemisahan kertas yang menempel di belakang perangko dengan media perendaman air, pengeringan perangko, memberi laminating perangko, sampai akhirnya menata perangko bekas ke dalam album perangko sesuai aturan yang berlaku.

koleksi perangko kuno Indonesia - best stamps collection - philately images

koleksi perangko kuno Indonesia - best stamps collection - philately images

Memangnya ada aturan menata perangko bekas? Ada dong. Dunia filateli itu menarik sekali. Menata koleksi perangko bekas bisa dilakukan menurut kategori negara penerbit, tema gambar perangko, hingga gradiasi warna perangko.

  • Menurut negara penerbit, perangko kuno bisa dibedakan dengan kategori Indonesia, Malaysia, Belanda, Australia, China, Arab Saudi, Amerika Serikat dan lain-lain.
  • Menurut topik gambar, perangko bekas bisa diklasifikasikan menjadi perangko WWF, perangko seri cerita rakyat, perangko pemandangan alam, perangko sains teknologi, perangko tokoh terkenal, perangko event tertentu dan lain-lain.
  • Menurut gradiasi warna, koleksi perangko ditata dengan jiwa seni. Perangko warna merah secara berangsur-angsur ditata mendekati perangko warna kuning. Hal ini sifatnya subyektif dan menguji kemampuan apresiasi seni.

Selain tiga hal tersebut, masih ada beberapa seni menata perangko lain yang dihasilkan oleh komunitas kolektor perangko. Cara tersebut makin berkembang sesuai kemajuan budaya dan teknologi manusia modern dan mempengaruhi dunia filateli.

Kesabaran mengelola keuangan juga diperlukan dalam filateli karena hobi koleksi perangko membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Harga sekeping perangko saat ini berkisar antara 1500 sampai 3000 rupiah. Harga ini terus naik seiring kenaikan biaya kirim surat. Kalau tidak punya stok dana yang cukup, kemungkinan Anda akan kehabisan uang. Oleh karena itu, filatelis adalah orang yang mempunyai keterampilan kemampuan mengelola uang yang bagus.

Apakah Anda tertarik menekuni hobi koleksi perangko? Jika ya, siapkan dana, waktu dan tenaga Anda sekarang juga untuk menekuni dunia filateli. Simpan koleksi perangko kuno Anda rapi-rapi. Lalu wariskan kepada anak cucu. Semoga artikel pengetahuan dunia filateli ini berguna untuk Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Jombang, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo. Matur nuwun!
This entry was posted in Filateli and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Dunia Filateli: Hobi Koleksi Perangko Bekas

  1. Imelda says:

    saya koleksi perangko sejak SD, 35 th lalu… dan terus berlanjut sampai sekarang. Semoga bisa awet sampai anak-cucu

    EM

    • rudy tanujaya says:

      saya rudy surabaya saya punya sekitar seribu koleksi perangko kuno dgn sampul hari pertama mungkin minat hub 082332359900

  2. Pingback: Hobi Filateli: Perangko Kuno Gambar Pak Harto | The Jombang Taste

  3. Pingback: Perangko Kuno Pelita IV Peternakan Sapi | The Jombang Taste

  4. Taman Bacaan says:

    Alangkah indahnya berbagi.

    salam

  5. Pingback: Contoh Kerangka Karangan Artikel Bertema Filateli | Jasa Artikel.Com

  6. Anggara says:

    Salam, saya juga punya koleksi beberapa perangko langka dan tua dunia, seperti Nedrland-indie, Brits Colonial, dan banyak lagi lainnya,

    silahkan mampir di : http://rareoldstamp.blogspot.com/

    • chris van der mark says:

      Selamat pagi, Saya mau tukar perangko dgn anda .Perangko Ned indie ,perangko Indonesia dgn perangko belanda. mailku chrisvdmark@gmail.com
      Juga punya perangko lain negeri. Koleksiku perangko bekas ngeri belanda, ned indie, ned nieuwguinea dan negeri-negei eropa., australia, new sealand,rsa, terima kasih
      chris

  7. hari ws says:

    salam, saya mempunyai prangko peninggalan orang tua sebanyak 177 buah dari mancanegara, dan dalam negri bagi yang berminat bisa menghubungi email saya : harry.priz@gmail.com

  8. Candra says:

    jual materai 25 ,-(7 pcs) dan 1,- ( 2 pcs) kondisi bagus dan belum terpakai. hubungi 08567862818 atau 085218818868

  9. Andri says:

    Saya memiliki Koleksi Perangko Kuno dari dalam dan Luar Negeri. Kurang Lebih 700 Buah DARI berbagai negara diantaranya : Indonesia, Jerman Barat, Italia, Spanyol, Finland, Korea, Ghana, Mesir, Australia, Paraguay dll..
    Bila anda berminat silahkan hubungi Andri : 0852 3022 1456 (Surabaya City)

  10. don says:

    saya ada perangko banteng,badak,pahlawan nasional mw dijual

  11. dewa antonio says:

    saya bnyak mengoleksi prangko kuno dgn brbgai ukuran ad yg segitiga

  12. Erwin Ardianto says:

    salam damai bagi pecinta perangko diseluruh nusantara…
    perkenalkan nama saya Erwin Ardianto, domisili di Kota Malang . di kesempatan ini saya mau menyampaikan kalau saya punya beberapa Perangko dari jaman dulu . mungkin ada beberapa kolektor yg belum mempunyai koleksi dengan perangko yang saya punya bisa hub saya di ardiant.erwin@yahoo.com atau di FB Erwin Kurcaci Monot atau Cp 0857 495 65 007. gambar nanti bisa saya kirim lewat email Anda. Saya ucapkan banyak Terima Kasih.

    Salam Sukses dari saya,
    Erwin Ardianto

  13. frans says:

    salam bagi semua pecinta prangko di mana pun berada….
    saya frans dari sumatera selatan… bagi yang berminat menambah koleksi prangko dari dalam dan luar negeri ( prangko kuno ) berbagai macam2 dari ukuran dan bentuk bisa hubungin saya di Fransdoedoe@gmail.com atau fransdoedoe@yahoo.com tweet @fransdoedoe…. PIN 2A95A678

  14. Rico says:

    Artikel blog yang menarik dan informatif. Blog ini dapat membantu memasyarakatkan hobi mengumpulkan prangko (filateli) ke semua kalangan, baik yang baru mengenalnya atau telah mengenalnya. Filateli apabila ditekuni akan menjadi “sesuatu” yang bermanfaat, baik dari mental kolektor maupun finansial. Namun, kita harus cermat dan dapat memilih koleksi mana yang layak dijadikan koleksi. Filateli merupakan kegiatan yang membutuhkan kecermatan, ketelatenan dan kesabaran. Tidak ada yang instan, bila ingin menjadi kolektor filateli “sejati” membutuhkan waktu dan waktu ini yang akan mengasah bakat dari sang kolektor. Waktu merupakan “proses menuju kematangan untuk mencapai 3K, yaitu kecermatan, ketelatenan, dan kesabaran” yang pada suatu saat akan membawa dampak positif bagi sang kolektor itu sendiri. Kunjungi dunia koleksi dan filateli di blog : demerarguyana.blogspot.com. Salam filateli, koleksi berharga sepanjang masa.

  15. MONICA says:

    Bagi para kolektor perangko dimanapun anda berada, saya memiliki koleksi perangko kuno dari berbagai negara berbagai macam ukuran dan bentuk, saya ingin menjualnya kepada yg berminat. Silakan hubungi saya melalui email mhawsh65@gmail.com atau hubungi no hp 08885779677. Terima kasih. Monica.

Leave a Reply