Hobi Koleksi Perangko: Pengertian Dan Definisi Filateli

Apalah arti sepotong perangko dibanding nilai instrinsik yang terkandung di dalamnya. Mungkin itulah yang dikatakan oleh orang awam pada umumnya mengenai hobi filateli. Filateli adalah hobi mengumpulkan perangko, materai dan benda-benda pos lainnya. Hobi tersebut bukan terbatas kepada perangko bekas, tetapi juga perangko baru. Apalagi bila perangko baru tersebut memiliki keunikan tersendiri, maka semakin bernilai di mata filatelis.

Filatelis adalah orang yang menekuni hobi filateli. Filatelis umumnya berasal dari orang-orang terpelajar yang menghargai sejarah, seni, budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan. Filatelis bisa berasal dari berbagai golongan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pekerjaan filatelis juga tidak terbatas kepada kaum akademis, bahkan ibu rumah tangga, pekerja pabrik, pedagang kaki lima pun bisa menekuni hobi mengumpulkan perangko.

koleksi perangko kuno Indonesia - best stamps collection - philately images

koleksi perangko kuno Indonesia - best stamps collection - philately images

Jika kita bicara hobi filateli maka tidak bisa dipisahkan dari istilah SHP. Apakah SHP itu? SHP adalah Sampul Hari Pertama. SHP menandai peluncuran seri perangko terbaru sebuah negara. SHP pada umumnya berlangsung selama satu hari dalam rangka peringatan hari besar nasional dan dilakukan secara serentak di seluruh cabang kantor pos yang ada. Namun ada kalanya SHP dilakukan secara terbatas hanya pada kota tertentu.

Filateli juga bisa menjadi alat investasi jangka panjang karena semakin tua usia perangko maka semakin mahal harga perangko tersebut. Pedagang perangko bukan hanya melihat usia perangko dalam menentukan harga jual kepada kolektor, bahkan perangko yang mengalami cacat bentuk selama proses pembuatan pun memiliki keunikan tersendiri sehingga nilai jualnya lebih mahal daripada nilai bahan pembuatan perangko.

Bagaimana dengan Anda, apakah tertarik menekuni hobi filateli?

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Filateli and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Hobi Koleksi Perangko: Pengertian Dan Definisi Filateli

  1. asaz says:

    dengan kemajuan IT saat ini masih kah Perangko diperlukan

  2. sulistyo says:

    infonya bagus bro… tapi harus ada yang diralat nih, terutama mengenai definisi filateli. maaf lho, tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar sharing aja. filateli (dahulu ditulis philateli) berasal dari bahasa Yunani yaitu philos (artinya teman) dan ateleia (artinya bebas bea). secara harfiah filateli artinya membebaskan teman dari bea pos. definisi yang disebutkan diartikel ini tidak 100% salah, tapi tidak 100% benar. filateli merujuk sebagai hobi mengumpulkan prangko itu terjadi karena perkembangan jaman. hehehehe.. semoga ralatnya diterima.. :-)
    ingin tahu lebih banyak tentang filateli, bisa kunjungi blog sy filatelisindonesia.wordpress.com

  3. Pingback: Contoh Kerangka Karangan Artikel Bertema Filateli | Jasa Artikel.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>