Seputar Penyakit

Inilah 6 Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

08/07/2017

Jika Anda seseorang yang aktif berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan tersebut karena diluar sana berbagai macam penyakit menular seksual siap mengincar Anda salah satunya adalah penyakit kutil kelamin.

Kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum dan hampir semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi paling sedikit satu jenis human papillomavirus (HPV) yaitu virus yang menyebabkan kutil kelamin pada suatu saat selama hidup, akan tetapi wanita lebih sering mengalami dan mengembangkannya dibandingkan dengan pria

Perlu Anda ketahui juga bahwa biasanya kutil kelamin mungkin terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau memiliki penampilan seperti kembang kol dan dalam banyak kasus kutil kelamin terlalu kecil untuk terlihat.

6 Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

Dengan Cara Pembekuan Dengan Nitrogen Cair

Cara menghilangkan kutil kelamin yang pertama adalah dengan menggunakan pembekuan dengan nitrogen cair yang bernama cryotherapy dan aplikator berujung kapas.

Biasanya dokter akan menggunakan teknik ini dengan menggunakan nitrogen cair atau “cryoprobe” dan ini adalah pengobatan lini pertama yang sangat baik karena tingkat respons tinggi dengan sedikit efek samping.

Kemudian nitrogen cair akan diterapkan di kutil kelamin pasien selama 10-20 detik dan jika pasien memiliki banyak kutil kelamin, atau jika kutil tersebut berukuran besar maka biasanya dokter akan menggunakan anestesi lokal sebelum menggunakan teknik ini, namun biasanya terdapat efek samping yang meliputi nyeri dan pembengkakan pada area kutil kelamin.

Dengan Cara Elektrokauter

Cara menghilangkan kutil kelamin selanjutnya adalah dengan menggunakan elektrokauter adalah prosedur yang menggunakan arus listrik untuk membakar kutil kelamin, namun biasanya pasien akan mengalami efek samping seperti rasa sakit dan mengalami pembengkakan setelah prosedur ini akan tetapi

Menggunakan Krim, Gel, Atau Salep

Cara menghilangkan kutil kelamin selanjutnya adalah dengan menggunakan gel, krim, dan salep yang di resepkan oleh dokter dan biasanya pasien bisa mengoleskan krim, gel ataupun salep ke area kutil kelamin.

Menggunakan Cairan Asam

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan asam dan biasanya dokter akan menggunakan asam trikloroasetat atau bichloroacetic untuk mengobati kutil kelamin.

Pasien biasanya akan menggunakannya dalam jumlah kecil pada kutil kelamin sekali dalam seminggu dan membiarkannya untuk mengering, namun cara ini bekerja paling baik pada kutil yang berukuran kecil yang lembab dan bisa digunakan pada kutil yang berada pada Miss V dan pada dubur.

Dengan Cara Operasi

Cara selanjutnya untuk menghilangkan kutil adalah dengan cara operasi dimana biasanya dokter bedah akan menggunakan alat khusus untuk memotong kutil kelamin dan biasanya operasi ini bisa menyingkirkan semua kelamin dan mungkin pasien memerlukan anestesi lokal atau umum untuk perawatan ini.

Dengan Menggunakan Laser

Perawatan ini digunakan untuk kutil kelamin yang banyak atau berulang dan pengobatan ini memerlukan anestesi lokal, regional, atau umum.

Sebenarnya cara kerja laser ini digunakan untuk menghancurkan lesi yang diinduksi oleh HPV, namun pengobatan ini terdapat beberapa kekurangan meliputi: biaya yang tinggi, peningkatan waktu penyembuhan, mengakibatkan jaringan parut, dan partikel virus yang berpotensi menular di udara yang disebabkan oleh laser.

Bagaimana Saya Tahu Jika Memiliki Kutil Kelamin?

  • Dengan pemeriksaan Pap smear rutin karena tes ini harus selalu dilakukan untuk mencari bukti infeksi adanya HPV dan sel abnormal pada serviks.
  • Dengan pemeriksaan kolposkopi yang bertujuan untuk memeriksakan adanya sel abnormal di sekitar Miss V atau pada serviks dan pada wanita, kolposkopi dapat digunakan untuk mencari lesi di saluran Miss V dan di leher rahim.
  • Biopsi dapat dilakukan jika lesi tampak tidak biasa atau kambuh setelah perawatan.
  • Selain itu tes laboratorium khusus juga dapat digunakan untuk mengkonfirmasi adanya infeksi HPV.