Setan Menganjurkan Ghuluw – Taqshir Dan Menghalangi Keadilan

Mini Wallpaper Islam

Mini Wallpaper Islam

Apakah pengertian ghuluw dan taqshir? Definisi ghuluw adalah perilaku berlebih-lebihan sampai melampai batas. Sedangkan taqshir adalah perilaku mengurangi segala sesuatu sampai mendekati kebathilan.

Berlebih-lebihan atau berkurang dalam hawa dan syahwat atau ghadlab, kedua-duanya sangat menguntungkan syetan, karena kedua-duanya dapat menyesatkan manusia dan memalingkannya dari agama Allah dan dari jalan yang benar. Tepat benar apa yang dipesankan oleh Makhlad bin Al-Husain. Ia berujar:

“Allah tidak perintah hamba-Nya kepada sesuatu, melainkan dirintangi padanya oleh iblis dengan dua perkara, ia tidak peduli yang mana saja dari antara keduanya itu yang dimenangkannya, terkadang disuruh berlebih-lebihan dan terkadang disuruh mengurangkan”.

Ghuluw dan taqshir hampir serupa dengan ifrath dan tafrith, merupakan senjata syetan yang paling ampuh untuk memperdaya dan menyesatkan manusia. Sedangkan perilaku yang paling benar dilakukan adalah berjalan di tengah-tengahnya, yaitu bersikap adil dalam segala perkara. Pengertian adil adalah menempatkan segala sesuatu sesuai dengan tempatnya.

Jadi adil yang hanya sendiri itu harus selalu berhadapan dan berlawanan dengan dua lawan, yaitu ghuluw dan taqshir. Satu lawan dua. Artinya satu kekuatan yang bekerja membangun dan memperbaiki, sedangkan lawannya ada dua, yang bekerja merusakkan dan menghancurkan.

Pantun Arab menyatakan:

“Bilakah hari sampai selesainya bangunan itu, apabila engkau mendirikan, sedang yang lainnya merubuhkan?”

“Sekiranya ada seribu pembangun, cukuplah lawannya seorang pembongkar”.

“Bagaimanakah jadinya dengan seorang pembangun, sedang lawannya seribu pembongkar?”

Seorang pembangun melawan seorang pembongkar, sudah kalah si pembangun. Sekarang si pembangun hanya seorang diri dilawan oleh dua orang pembongkar, maka semakin besar kemungkinan untuk kalah.

Semoga artikel ini bisa menambah motivasi Islami bagi Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Islam and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply