Tata Cara Pergaulan Manusia Menurut Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 13

I Love Islam

I Love Islam

QS Al-Hujurat ayat 13 menjelaskan bahwa adanya manusia di dunia ini memang sudah direncanakan oleh Allah SWT, bukan terjadi secara kebetulan. Manusia diciptakan terdiri atas seorang laki-laki dan perempuan yaitu Adam dan Hawa. Dari kedua orang tersebut asal manusia di dunia ini berasal, kecuali Nabi Isa as yang lahir tanpa ayah.

“Wahai manusia! Sungguh Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui dan Maha Teliti”. (Q.S. Al-Hujurat / 49:13).

Dari pasangan suami isteri Adam dan Hawa, manusia terus berkembang menjadi milyaran jumlahnya. Dari sekian banyak manusia itu terbagi menjadi beberapa bangsa dan suku, karena perkembangan manusia itu sendiri yang makin jauh antara suku satu dengan suku yang lain.

Kegiatan Agama Islam

Kegiatan Agama Islam

Keadaan manusia yang berbeda-beda itu bukan untuk menjadikan permusuhan, justru untuk tujuan saling mengenal (ta’aruf). Pada dasarnya derajat manusia di hadapan Allah sama. Yang membedakan adalah kadar takwa kepada Allah.

Dalam bergaul, kita harus tetap memperhatikan petunjuk agama agar pergaulan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, takwa dalam Surah Al Hujurat ayat 13 berarti pergaulan dan saling mengenal secara baik, terutama dengan lawan jenis.

Allah Maha Mengetahui dan Maha Melihat terhadap segala sesuatu yang ada di dunia ini. Adapun yang dilakukan manusia baik itu sendiri maupun bersama orang lain diketahui oleh Allah dan akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak.

Ta’aruf yang dimaksud disini adalah saling mengenal dan memahami keadaan sesama manusia. Dengan demikian, manusia akan mudah untuk menentukan perbuatan yang lebih tepat dilakukan terhadap sesama.

Semoga artikel ini bisa membantu memperluas wawasan Anda dalam mempelajari agama Islam.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Islam and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>