Wajah Baru IKAHA Menjadi Universitas Hasyim Asyari

Logo Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Jombang

Logo Universitas Hasyim Asyari (UNHASY) Jombang

Institut Keislaman Hasyim Asyari (IKAHA) mulai tahun ajaran 2013/2014 berubah nama menjadi Universitas Hasyim Asyari (UNHASY). Ada perubahan penting apa di UNHASY? Yang jelas, program studinya makin banyak. Sekarang UNHASY punya Prodi Umum dengan beberapa jurusan. Kalau soal minat masyarakat umum untuk kuliah di UNHASY? Yaa, lihat sendiri saja.

Kampus UNHASY terletak di Jalan Irian Jaya Tebuireng, Cukir, Diwek, Jombang. Menurut saya, kampus UNHASY biasa-biasa saja. Nggak semegah kampus Universitas Darul Ulum (UNDAR), UNIPDU, maupun STKIP PGRI. Lokasinya yang masuk di dalam perkampungan memiliki keunggulan tersendiri, yaitu nggak berisik karena lalu lintas jalan raya Cukir. Padahal kita tahu sendiri, Cukir sekarang makin macet karena perkembangan obyek wisata religi Makam Gus Dur.

Lalu, hal apa yang mesti dirubah oleh UNHASY? Managemen UNHASY perlu diperbaiki. Yang sudah saya alami nih, jadwal kuliah UNHASY bisa dibilang kacau. Nggak bisa fix sejak awal. Petugas kantor jurusan ditanya nggak tahu jawabnya. Ditelepon dari rumah juga nggak diangkat. Begitu mahasiswa sudah masuk kelas, dosennya telat datang hingga satu jam. Lalu jam kedua dosen malah tidak hadir. Haduh, sudah berubah jadi universitas masih saja nggak ada perbaikan manajemen.

Let see, sampai kapan UNHASY seperti ini? Kalau lihat peta komposisi perguruan tinggi di Jombang, menurut saya UNHASY punya keunggulan sebagai universitas yang lokasinya dekat dengan Pondok Pesantren Tebuireng. Massa Tebuireng boleh dibilang fanatik terhadap produk-produk mereka. Tapi keunggulan tersebut akan jadi sia-sia kalau manajemen intern-nya nggak bisa mengelola perguruan tinggi dengan baik. Mudah-mudahan Gus Sholah bisa menata lebih baik. :)

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Buku Harian and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Wajah Baru IKAHA Menjadi Universitas Hasyim Asyari

  1. Pingback: Toko Buku Bina Ilmu di Cukir Jombang | The Jombang Taste

Comments are closed.