Asal Usul Budidaya dan Manfaat Tanaman Sayur Kubis Atau Kol

sayuran jombang

sayuran jombang

Apakah Anda suka makan sayur kol? Sayur kol atau kubis seperti sudah menjadi bagian wajib dari beberapa jenis masakan asli Indonesia.

Di Indonesia, sayuran kubis disebut juga sebagai sayur kol, kobis, gubis, dan beberapa sebutan lainnya. Sayuran kubis sudah cukup lama dikenal manusia. Sayuran kubis telah dimakan manusia sejak 4000 tahun yang lalu. Sayuran kubis diperkirakan berasal dari daerah Mediterania Timur dan Timur Tengah.

Hampir seluruh bagian tanaman sayur kubis bisa dimakan. Namun bagian yang paling enak dimasak adalah bagian atasnya yang masih muda. Terdapat beberapa jenis kubis yang bisa kita temui saat ini. Antara lain: kubis hijau, kubis merah, dan kubis putih.

Tanaman sayuran kubis bisa ditanam dimana saja. Budidaya tanaman kubis yang paling baik adalah di daerah yang berhawa dingin dan tanahnya cukup mengandung air. Tanaman kubis bisa disimpan di ruangan pendingin. Kubis bisa diolah menjadi beragam jenis olahan sayuran yang lezat.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply