Manfaat, Unsur dan Tempat Produksi Sel Darah Merah Manusia

percikan darah

percikan darah

Kita telah mengetahui bahwa darah yang mengalir melalui urat nadi, pembuluh kapiler dan vena di seluruh tubuh mengandung banyak sel dan bahan lainnya. Setiap bagian darah mempunyai tugas dan kepentingan khususnya sendiri. Kita juga sudah mengenal pula bahwa bagian cairan di dalam darah itu bernama plasma. Dan jumlahnya lebih dari setengah darah itu. Plasma darah kuning warnanya dan lebih pekat dari bagian darah lainnya karena mengandung banyak macam zat.

Di dalam darah kita terdapat protein, anti-body yang menyerang penyakit, fibrinogen yang membantu darah membeku, karbohidrat, lemak, garam dan sebagainya disamping sel darah itu sendiri. Sel darah merah, disebut juga eritrosit, menyebabkan darah berwarna merah. Ada kira-kira tiga trilyun sel darah merah yang berbentuk piringan pipih, bundar dan kecil yang bergerak di tubuh kita. Sel darah merah tersebut selalu berada di pembuluh darah.

Karena sel darah merah tumbuh menjadi dewasa di sumsum, dan setelah dewasa ia kehilangan nukleus dan membuat lebih banyak hemoglobin. Hemoglobin adalah pigmen atau warna merah. Hemoglobin terdiri dari zat besi bercampur protein. Sewaktu darah melalui paru-paru, oksigen bercampur dengan hemoglobin sel darah merah. Sel darah membawa oksigen melalui urat nadi dan pembuluh kecil ke sel tubuh. Hemoglobin yang bercampur dengan karbon dioksida dari sel tubuh dibawa kembali ke paru-paru melalui vena.

Sel darah berumur hanya empat bulan, lalu kemudian pecah, umumnya terjadi di dalam empedu. Sel darah merah yang baru selalu menggantikan sel darah merah yang sudah tidak berfungsi lagi. Beberapa makanan yang membantu pembentukan sel darah merah yang baru adalah kacang hijau, telur dan susu. Mudah-mudahan artikel mengenai sel darah merah manusia ini bisa berguna untuk Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Manfaat, Unsur dan Tempat Produksi Sel Darah Merah Manusia

  1. Pingback: Bagian, Manfaat dan Cara Kerja Sel Darah Putih Manusia | The Jombang Taste

  2. Pingback: Kenapa Pantat Monyet Berwarna Merah? | The Jombang Taste

Comments are closed.