Rumput Patimah: Sahabat Wanita Dengan Limpahan Manfaat

manfaat-rumput-patimah-bagi-wanita-melahirkan-dan-tidak-lancar-haidKemarin sore saya mengulangi acara beli jamu di Bundaran Kepuh Permai. Setelah minum jamu yang pertama memang sudah agak mendingan sih, itu artinya ada peluang berhenti mengkonsumsi obat-obat kimia yang baunya menyengat. Sekaligus saya ingin mengecek penjual jamu apa masih ingat saya pasca kejadian pecahnya 3 telur secara sia-sia. Dan ternyata benar, orangnya masih ingat saya. Alhasil tarif beli jamu dinaikkan dari harga kemarin, padahal dengan komposisi bahan yang sama. Tak apalah, saya pikir mungkin harga telur ayam kampung lagi naik sehingga harga jual pun ikutan naik.

Sabtu malam minggu kemarin rame sekali. Hampir semua stand disitu full pembeli, tak terkecuali penjual jamu. Dengan cara modifikasi mobil pick up yang unik, sepertiga bak belakang sebelah kiri disulap jadi tempat display jamu sekaligus meracik bahan-bahan. Sedangkan sisa dua per tiga bak dipakai untuk menyimpan bahan-bahan berat dan tempat mencuci gelas dan sendok yang telah dipakai. Saat lagi diserbu antrian pembeli, mobil itu secara mengecil di pandanganku.

Mau tahu yang antre siapa saja? 5 dari 6 orang yang antri adalah pasangan suami isteri. Masing-masing pesan sepasang jamu yang katanya maut untuk kebutuhan mereka, yaitu sehat lelaku dan rapet wangi. Hahai. Saya jadi senyum sendiri lihat mereka pada antre dan nggak sabaran pengen dapat jamu. Yah, sepasang suami isteri kalau menghabiskan malam minggu pasti nggak jauh dari melakukan hal-hal begituan. Sementara yang jomblo cukup ngiler aja deh. Hahaha.

Ada satu nama jamu yang keren banget, namanya Rumput Patimah. Nulisnya Patimah, pakai hurup P. Hasil asimilasi bahasa Jawa kadang terdengar agak katrok. Iseng saya tanya ibu-ibu yang pesan jamu Rumput Patimah buat apaan sih. Dia awalnya tersenyum saja. Setelah beberapa saat mikir, dia jawab. Mas ini belum nikah ya, makanya nggak tahu manfaat Rumput Patimah. Saya yang sekarang jadi salah tingkah dibuatnya.

Benarkah-Rumput-Fatimah-Bisa-Mempercepat-Persalinan-manfaat-rumput patimahRumput Patimah dalam bahasa Arab disebut Kaf Maryam dan telah dikenal berabad-abad lamanya oleh bangsa Timur Tengah. Ternyata tumbuhan yang bisa tahan hidup bertahun-tahun ini banyak manfaatnya. Dapat dikatakan Rumput Patimah adalah sahabat bagi setiap wanita, baik yang masih gadis maupun sudah menikah.

Beberapa manfaat diantaranya adalah:

1. Buat yang lagi hamil bisa memperlancar proses persalinan dan mempercepat penyembuhan pasca melahirkan.
2. Bagi yang masih gadis, rumput patimah bisa melancarkan haid yang datangnya sering nggak teratur.
3. Meningkatkan hormon estrogen, orang awam menyebut sebagai hormon wanita.
4.Melangsingkan tubuh.
5. Mengobati diare.

Cara memakai Rumput Fatimah supaya membawa manfaat adalah sebagai berikut:

1. Rendam Rumput Fatimah dalam segelas air minum secukupnya.
2. Biarkan beberapa saat sampai akhirnya tanaman ini mengembang atau mekar dengan sendirinya.
3. Kalau sudah mekar dan didiamkan beberapa saat, baru deh sebagian air bisa diminum. Beberapa wanita menggunakannya untuk cebok dan membersihkan daerah kewanitaan. Sedangkan bagi wanita hamil ada pula yang mengusapkan air rendaman Rumput Fatimah untuk diusapkan ke perut.

Nah, itu tadi manfaat dan khasiat tanaman Rumput Patimah yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Rumput Patimah: Sahabat Wanita Dengan Limpahan Manfaat

  1. blog dokter says:

    Hello, i believe that i noticed you visited my site thus i got here to return the choose?.I am attempting to find issues to improve my website!I guess its ok to use a few of your ideas!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>