Unsur, Manfaat dan Cara Kerja Plasma Darah Manusia

setetes darah

setetes darah

Setiap orang mempunyai darah sekitar enam liter dalam tubuhnya. Dalam darah kita terdapat cairan yang disebut plasma darah. Plasma darah merupakan 55 persen kandungan darah. Plasma darah berwarna terang dan agak kekuning-kuningan. Sesudah kita makan, bola lemak tergantung di dalam plasma sehingga warnanya hampir seperti susu. Itulah sebabnya kita diminta untuk tidak makan sebelum pemeriksaan darah.

Plasma dalam darah kita ibarat sungai yang membawa zat-zat penting dalam tubuh kita. Plasma tersebut membawa makanan yang sudah dicerna dari dinding usus kecil ke jaringan tubuh. Plasma darah juga membawa antibody sehingga tubuh kita menjadi kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit. Kedua fungsi plasma darah tersebut berjalan terus di seluruh bagian tubuh manusia.

Selain itu, fungsi plasma darah adalah membawa hormon yang mengatur beberapa kegiatan tubuh. Jenis hormon pada laki-laki dan perempuan memiliki fungsi yang berbeda. Plasma darah juga membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru. Dari beberapa fungsi tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa plasma darah terdiri dari beberapa unsur dengan manfaatnya masing-masing.

Di samping bahan-bahan tersebut, plasma darah terdiri dari 91 persen air, 7 persen protein mineral, dan 9 sampai 10 persen garam. Protein dan garam sangat penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara air di dalam jaringan tubuh dan di dalam darah. Garam di dalam plasma darah mempunyai fungsi lain di dalam tubuh. Plasma memperoleh garam dari makanan yang kita makan.

Karena plasma darah sebagian besar terdiri dari air, maka kita disarankan minum minimal 6 gelas air setiap hari. Orang yang tubuhnya kekurangan air akan sulit berkonsentrasi dan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Cairan tubuh tersebut yang dimaksud adalah plasma darah. Semoga artikel yang membahas plasma darah ini bisa berguna untuk Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.