Menengok Sejarah Makam Pangeran Benowo di Wonomerto

Menengok Sejarah Makam Pangeran Benowo di Wonomerto (1)Makam Pangeran Benowo adalah simbol kepahlawanan dalam masyarakat kecil dan saksi mata sejarah kebudayaan desa-desa di Indonesia yang masih bisa dinikmati hingga sekarang. Sejarah Pangeran Benowo dimulai karena sang Pangeran suka berkelana. Cara Pangeran Benowo bertahan terhadap kerasnya lingkungan hidup, beliau terbilang sangat kuat dan tidak tertandingi pada jamannya.

Pangeran Benowo sendiri pernah menjadi Bupati wilayah Madiun. Setelah masa kepemimpinannya selesai, beliau melalui pengembaraan dari Madiun menuju Kediri, hingga akhirnya tiba di desa Wonomerto, kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang. Di desa Wonomerto inilah beliau banyak melakukan interaksi dengan masyarakat setempat sampai akhir hayatnya dan dimakamkan disitu.

Semasa hidupnya, Pangeran Benowo beserta anak buahnya membangun desa yang maju di Wonomerto. Bahkan pada waktu itu orang-orang menaruh hormat kepada Pangeran Benowo karena kecakapannya dalam menata Pemerintahan desa dan membangunnya dengan aneka kegiatan yang bermanfaat. Pembangunan saluran irigasi, perkebunan rakyat, cara beternak sapi dan beberapa kemampuan dasar lainnya diajarkan kepada rakyat setempat.

Tak mengherankan jika makam Pangeran Benowo di Wonomerto dijaga dengan baik oleh masyarakat sampai sekarang. Bahkan dalam perlombaan bersejarah yang secara rutin dilaksanakan Pemda Jombang, desa Wonomerto berhasil menjadi juara penghargaan Makam Pangeran Benowo.

Dari sedikit cerita di atas kita dapat menyimpulkan bahwa jasa-jasa orang terdahulu tidak akan pernah dilupakan begitu saja oleh masyarakat sekarang. Dan memang, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Pangeran Benowo selalu dihormati hingga akhir hayatnya karena beliau dipercaya mampu memberi keajaiban semasa hidupnya.

Lokasi pemakaman ini tidak sulit untuk diakses. Kondisi jalan raya Wonosalam sudah dibangun dengan cukup baik. Lingkungan asri di sepanjang perjalanan akan memanjakan mata Anda dengan hijaunya hutan tropis berbaur dengan area perkebunan rakyat. Jika dari arah pertigaan kantor Telkom Mojoagung, Anda bisa ambil arah ke selatan menuju Wonosalam. Penduduk sudah sangat mengenal lokasi. Anda tinggal bertanya, mereka tak akan segan menunjukkan lokasinya.

Menengok Sejarah Makam Pangeran Benowo di Wonomerto (3)Menengok Sejarah Makam Pangeran Benowo di Wonomerto

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Obyek Wisata and tagged , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Menengok Sejarah Makam Pangeran Benowo di Wonomerto

  1. Artikel yang bagus dan berguna untuk blogger Jombang.

    • Said says:

      FOTONYA PALSU
      PENIPUAN ! ! ! ! ! ! !
      ITU FOTO MAKAM PANGERAN BENOWO DI DESA BENOWO KRAJAN KEC. PAKAL KEL. BENOWO, SURABAYA BARAT.
      JANGAN MENIPU ANDA ! ! ! !

  2. nurkhozit says:

    desa saya benowo kec bener kab purworejo
    disinini ada petilasan pangeran benowo tapi saya sebagai pemuda belum pernah di critakan tentang pangran benowo itu siapa

  3. fathoni says:

    makam pangeran benowo ada ditegal dan kab kendal. Di kendal ( desa pekuncen kec pegandon ) paling diyakini kebenarana makam beliau ( babad tanah jawi )

  4. awan says:

    Di Pati ds. Morotopo kec Pucakwangi juga ada makamnya..setiap tahun utusan dr keraton datang ke situ..

  5. Massol507 says:

    Menarik memang, karena ada beberapa versi tentang makam Pangeran Benowo. di Pemalang tepatnya di Desa Penggarit juga ada Makam Pangeran Benowo dengan beberapa kisahnya. So, wis aja pada gelut lah Yang Maha Tahu iku Gusti Allah SWT masbro. :) sikapi dengan dewasa saja, saling klaim boleh saja. Kalo jaman sekarang itu bukan menurut cerita tetapi ada gak peninggalan2 yang bisa membuktikan kalo sejarah Pangeran Benowo tersebut di daerah Anda masing2?.

    Pulau Sipadan dan Ligitan gagal diperjuangkan dan akhirnya menjadi bagian negara Malaysia tau ga kenapa sebabnya? Salah satunya adalah arsip/dokumen2 pendukung untuk membuktikan di pengadilan.
    Itu saja sih masbro yang bisa saya sampaikan. Ra usah padu silahkan dengan argumen dan pendapat masing2.

  6. dwi asisetyaernawaty says:

    dulu saya pernah datang kemakam pangeran benowo bersama wartawan dari tv rcti liputan sejarah pangeran benowo,disitu juga sempat baca buku kuno tulisan jawa dan arab,isinya silsillah dan cerita perjalanan benowo,itu kelihatannya asli kuno.tapi baja sejarah pangeran benowo jadi raja di pajang,ternyata tidak lama turun jabatan dan di teruskan anaknya,juga memakai nama benowo.tp setelah tidak menjadi raja kemana hidupnya,di beberapa buku menulis benowo pertama keluar dari keraton tanpa sepengetahuan halayak ramai,di perkirakan ke arah timur,itu juga di debatkan beberapa penulis.di wonosalam jombang terdapat makam tua yang salah satunya pangeran benowo istri anak dan besrta pengikutnya banyak sekali makam tua,aku percaya makam itu tua semua,hampirsama dengan yang ada di makam para raja.di nisam makam terdapat gambar surya majapahit.dulu saya mau foto kopi buku kuno tersebut,tp sampai sekarang belum terlaksana,

  7. lulu says:

    akan tetapi di daerahku juga ada makam pangeran benowo bahkan di solo juga terdapat hal yang sam,,,,,, semua masih misteri tuhanlah yang tahu tentang semua itu kita sebagai mausia sebisa mungkin untuk menelusuri jejek-jejek sejarah, salam kenal dari seputar pati jawatengah

  8. arinda says:

    ADA PAKEMNYA APA TIDAK ??
    DI DESA WONOMERTO FOTO MAKAMNYA TIDAK SEPERTI ITU !!
    APAKAH ANDA KETURUNANNYA ??
    SAYA INI KETURUNAN KE-10 DAN MAKAMNYA BERADA DI DEPAN RUMAH SAYA, JUGA ADA PAKEMNYA !!! :p

    SARAH..!!!

Leave a Reply