Rencana Pengembangan Sektor Pertanian Tanaman Pangan di Jombang

pembangunan bidang pengairan kabupaten jombang

Pengembangan Sektor pertanian tanaman pangan di kawasan Agropolitan SKPP I didorong oleh strategi pengembangan sektor tanaman pangan. Adapun strategi sektorpertanian tanaman pangan adalah Stable Growth Strategy yaitu Strategi stabilisasi pertumbuhan untuk diperlihatkan pengembangan secara maksimal dengan target tertentu dandalam waktu singkat. Pengembangan dari strategi ini adalah di Desa Desa Grobokan, Japanan,Mojowangi, Mojoduwur, Mojojejer, Mojowarno, Latsari, Mojotengah, Kertorejo, Kesamben,Nglebak, Tebel, Ngrimbi, Penggaron, Banjaragung, Bareng dan Pulosari.

a. Jenis Komoditi Pertanian Tanaman PanganJenis komoditi yang dikembangkan di SKPP I untuk sektor pertanian tanaman panganadalah padi, jagung dan kedelai.

b. Rencana Lokasi Pengembangan Tanaman PanganRencana lokasi pengembangan sektor tanaman pangan yang terdiri dari komoditi Padi, Jagung dan Kedelai direncanakan di Cluster tanaman pangan (Desa Grobokan, Mojowangi, Japanan, Mojoduwur, Mojojejer, Mojowarno, Latsari, Mojotengah, Kertorejo, Kesamben, Nglebak, Tebel, Pulosari, Ngrimbi, Penggaron, Banjaragung, Bareng). Lokasi clustertanaman pangan ini ditetapkan sebagai lahan abadi di SKPP I Kabupaten Jombang dengan luas 9022,18 Ha, sebagai pendukung program ketahanan pangan.

c. Agroindustri Yang Mampu DikembangkanKegiatan agroindustri yang mampu dikembangkan dari komoditi unggulan Padi dapat berupa home

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Pemkab Jombang and tagged , , , . Bookmark the permalink.