Hakikat Hak Asasi Manusia Dan Upaya Perlindungan HAM

hak asasi manusia

hak asasi manusia

Isu hak asasi manusia (human rights) saat ini sedang mengemuka di berbagai penjuru dunia. Banyak orang ingin hidup bebas dengan alasan menjalankan hak asasi manusia. Apakah pengertian HAM? Bagaimana seharusnya pelaksanaan HAM di masyarakat?

Pengertian hak asasi manusia (HAM) adalah hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dimiliki oleh setiap umat manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada hamba-Nya, yaitu seluruh umat manusia tanpa kecuali.

Lalu, bagaimana awal mula sejarah hak asasi manusia sehingga manusia tersadar untuk bisa hidup bebas sesuai kodratnya? Dalam sejarah umat manusia telah tercatat banyak kejadian dimana seseorang atau segolongan manusia mengadakan perlawanan terhadap penguasa atau segolongan lain untuk memperjuangkan segala sesuatu yang dianggap sebagai haknya.

Di dunia Barat telah berulangkali terdapat usaha untuk merumuskan atau memperjuangkan beberapa hak yang dianggap suci dan harus dijamin pelaksanaannya. Pengakuan terhadap HAM oleh bangsa di dunia ini dimulai sejak 10 Desember 1945 pada saat PBB mengeluarkan pernyataan yang disebut pernyataan sedunia tentang HAM.

Hak asasi manusia melekat pada diri manusia sejak lahir, oleh karena itu muncul gagasan tentang hak asasi manusia. Pembicaraan tentang hak asasi manusia tidak dapat terlepas dari awal tumbuhnya gagasan hak asasi itu sendiri sebagai suatu fase atau tahap yang terpenting dalam sejarah ketatanegaraan mulai dari negara monarki, yang bersifat absolut menjadi negara demokrasi.

Rahasia Tongkat Nikmat Penambah Gairah Seks Dari Madura

menikah adalah hak asasi manusia

Dalam proses tersebut telah lahir beberapa naskah yang secara berangsur-angsur menetapkan bahwa ada beberapa hak yang didasari oleh manusia dan karena itu bersifat universal serta asasi. Naskah-naskah tersebut antara lain:

1. Magna Charta (Piagam Agung) pada 15 Juni 1215.

2. Habeas Corpus Act  pada tahun 1679.

3. Bill of Rights (Undang-undang Hak Inggris) pada 1689.

4. Declaration of Independent (Pernyataan Kemerdekaan Amerika Serikat) pada 4 Juli 1776.

5. Declaration des Droits de L’hom et Du Citoyen (Pernyataan Hak Asasi Manusia dan Warga negara Perancis) pada 5 Agustus 1789.

6. Atlantic Charter / The Four Freedom (Piagam Atlantic / Empat Kebebasan) di Amerika Serikat pada tahun 1941.

7. Universal Declaration of Human Rights (Pernyataan sedunia tentang hak asasi manusia) di Paris pada 10 Desember 1948.

8. Covenant of Human Rights pada tahun 1966.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang hak-hak hidup manusia di lingkungan masyarakat.

Referensi: MGMP PKn SMP Kab. Jombang

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Pendidikan dan Keluarga and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Hakikat Hak Asasi Manusia Dan Upaya Perlindungan HAM

  1. Pingback: Robert Owen: Tokoh Pencetus Gerakan Sosialisme Di Inggris | The Jombang Taste

Comments are closed.