Pengertian Kewajiban dan Contoh Kewajiban Siswa di Lingkungan Sekolah

kewajiban siswa di sekolah

kewajiban siswa di sekolah

Selain memiliki hak, setiap peserta didik juga memiliki kewajiban di sekolah. Lalu, pakah pengertian kewajiban? Pengertian kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan tanpa ditawar lagi. Seseorang yang selalu melaksanakan kewajibannya dengan seksama dimanapun dan kapanpun akan mengalami hidup yang tenteram tanpa dikejar-kejar rasa takut, tertekan dan dijauhkan dari rasa gelisah.

Orang cenderung mengingat hak-hak yang mereka dapatkan. Sebaliknya, orang cenderung melupakan kewajiban yang semestinya mereka kerjakan. Padahal terwujudnya hak-hak hidup bermasyarakat adalah bersumber dari pemenuhan kewajiban mereka. Lalu, apa saja kewajiban peserta didik di sekolah? Contoh kewajiban siswa di lingkungan sekolah antara lain:

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

3. Mentaati segala tata tertib sekolah.

4. Taat kepada nasehat, petunjuk dan perintah guru.

5. Menjaga kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban, dan kekeluargaan di dalam maupun di luar sekolah.

6. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid.

Pelaksanaan kewajiban peserta didik di sekolah dapat dibudayakan sejak dini. Anak-anak yang diajarkan menjalankan kewajiban sejak kecil maka mereka akan terbiasa hidup disiplin dan teratur. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Jombang, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo. Matur nuwun!
This entry was posted in Pendidikan dan Keluarga and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply