Menguji Taring 5 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan PBB

Menguji Taring 5 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan PBB

Menguji Taring 5 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan PBB

Pada 22 Oktober 2011 lalu VOA Indonesia memberitakan bahwa organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan 5 negara anggota baru yang akan duduk di kursi Dewan Keamanan. Lima negara yang terpilih tersebut adalah Pakistan, Guatemala, Maroko, Togo dan Azerbaijan. Negara-negara tersebut akan bekerjasama dengan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yaitu Amerika Serikat, China, Rusia, Perancis dan Inggris. Selain sepuluh negara tersebut, PBB juga memiliki anggota tidak tetap Dewan Keamanan hasil pemilihan sebelumnya. Salah satu negara yang masih aktif menjabat adalah India.

Jika kita melihat susunan negara yang terlibat dalam kursi dewan keamanan PBB, saya masih pesimis dengan kinerja yang akan diberikan mereka selama masa jabatan empat tahun ke depan. Gejolak yang terjadi di berbagai belahan dunia selama satu dekade terakhir ini membuktikan bahwa PBB, dalam hal ini Dewan Keamanan, tidak memiliki peran yang signifikan dalam tugasnya menjaga perdamaian dunia. Penjajahan Israel atas Palestina, Perang Irak, Revolusi Mesir, kecamuk di Libya dan berbagai konflik bersenjata di semenanjung Arab tidak membuktikan kapasitas PBB sebagai organisasi tertinggi yang mampu menaungi bangsa-bangsa di planet bumi.

Peran terbesar justru dipegang Amerika Serikat yang menjadi ‘polisi dunia’ dengan dalih menegakkan demokrasi namun dilakukan dengan mengangkat senjata dan menghasilkan pertumpahan darah. PBB sendiri selama ini seolah membiarkan aksi solo pasukan Amerika dalam menguasai wilayah-wilayah yang mereka anggap sebagai sarang teroris. Salah satu hal yang lucu adalah bahwa sampai bertahun-tahun Amerika menduduki wilayah Irak tetapi sampai saat ini mereka belum mendapatkan bukti bahwa Irak memproduksi senjata nuklir untuk menyerang negara tetangga.

Apakah Pakistan dan India Bisa Bekerjasama?

Saat membaca susunan anggota Dewan Keamanan PBB yang dilansir oleh VOA Indonesia tersebut, ada satu fakta unik yang tidak bisa kita sisihkan. Yaitu hadirnya Pakistan dan India dalam satu organisas

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Politik Dunia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Menguji Taring 5 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan PBB

  1. saya nggak yakin deh. Amerika dan sekutunya diktator banget. cuma China yang bisa mengimbangi.

Comments are closed.