Menteri Olahraga Baru Brazil Untuk Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016

Menteri Olahraga Baru Brazil Untuk Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016

Menteri Olahraga Baru Brazil Untuk Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016

Trend Reshuffle Kabinet bukan hanya terjadi di negara Indonesia. Langkah pergantian menteri juga tengah berlangsung di salah satu negara berkembang di Amerika Latin, Brazil. Mendekati penyelenggaraan Piala Dunia sepakbola tahun 2014 di Brazil, Presiden Brazil Dilma Rousseff membuat langkah mengejutkan dengan melakukan pergantian kabinet. Menteri Olahraga Brazil yang lama, Orlando Silva, mengundurkan diri karena saat ini tengah tersangkut masalah dugaan korupsi. Untuk mengisi kursi tersebut, Presiden Rousseff mengangkat Aldo Rebelo sebagai menteri olahraga yang baru.

Berita pergantian menteri di Brazil ini saya baca pertama kali melalui situs VOA Indonesia. Situs berita tersebut menyatakan bahwa Rebelo bukan wajah baru dalam Pemerintahan Brazil. Rebelo sebelumnya adalah anggota Kongres dari Partai Komunis, partai yang sama dengan Silva. Pada era Pemerintahan Presiden sebelumnya, Luiz Inacio Lula da Silva, Rebelo pernah menjabat sebagai Menteri Koordinasi Urusan Politik dan Hubungan Antar Lembaga antara tahun 2004 sampai dengan 2005. Pengalaman yang matang dan reputasi yang baik menjadi pertimbangan utama Rousseff untuk memilihnya.

Dengan diangkatnya Rebelo, otomatis dia akan menjadi tangan kanan Pemerintah Brazil dalam menghadapi dua event penting di Brazil dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Event pertama adalah Piala Dunia sepakbola tahun 2014. Sedangkan event lain yang tak kalah bergengsi adalah Olimpiade musim panas tahun 2016. Keberadaan Rebelo menjadi sangat penting mengingat Brazil tengah berusaha membangun kepercayaan masyarakat dunia akan kesiapan negara berkembang tersebut menjadi tuan rumah pesta olahraga berlevel internasional.

Tantangan Kerja Aldo Rebelo

Upaya membangun kepercayaan publik tersebut tentu bukan hal mudah mengingat krisis ekonomi yang melanda Brazil belum sepenuhnya pulih. Beberapa negara tetangga menilai Brazil mengalami kesulitan dana untuk membangun sejumlah fasilitas olahraga pendukung. Hal ini sudah diungkap ke publik sejak beberapa tahun yang lalu dengan menyatakan bahwa sebagian besar stadion di negara Brazil tidak layak pakai karena faktor usia. Meski demikian, Brazil berhasil melakukan diplomasi dengan anggota komite olimpiade internasional dan menjamin pelaksanaan olahraga tersebut akan aman dan sesuai standard yang telah ditetapkan IOC.

Masalah lain yang tidak boleh dilupakan oleh Aldo Rebelo adalah fakta di lapangan bahwa sampai dengan saat ini Presiden Dilma Rousseff telah melakukan pergantian menteri sebanyak enam kali. Selain Silva, empat menteri lain yang dipecat dari kursi kabinet juga mengalami tuduhan yang sama dalam kasus korupsi. Hal inilah yang bisa menjadi batu sandungan bagi Rebelo dalam bekerja secara maksimal. Apalagi pos menteri olahraga terkait dengan proyek-proyek olahraga dalam rangka persiapan tuan rumah Piala Dunia 2012 dan Olimpiade 2016 dan sangat rentan terjadi praktik suap dan korupsi. Sehingga diperlukan kehati-hatian dalam memutuskan setiap kebijakan.

Tentu kita tidak berharap reputasi bagus Brazil di olahraga sepakbola akan tercoreng oleh ulah sejumlah menteri yang korup. Lebih buruk lagi, kita tidak berharap Brazil dicoret sebagai tuan rumah Olimpiade hanya karena tidak mampu membangun sarana dan prasana olahraga sesuai ketentuan yang berlaku. Meski olahraga telah menjadi satu industri yang berkembang pesat di negara-negara maju, kedudukan olahraga sepatutnya tetap menjadi tempat melatih tubuh lebih sehat dan membangun prestasi sebaik mungkin.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Politik Dunia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Menteri Olahraga Baru Brazil Untuk Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016

  1. asaz says:

    memang brazil sama halnya dengan Indonesia banyak kasus korups

  2. ternyata di Brazil itu sepakbola hampir jadi kayak agama kedua ya….

    blogwalking gan follow dan komen balik juga ya ke blog gw..

    salam kenal

  3. I2-Harmony says:

    Di negara mana saja rentan terjadi kasus korupsi. Tinggal masyarakatnya yang secara aktif mengawasi dan juga keseriusan pemerintah dalam mencegah terjadinya korupsi dengan menyusun regulasi yang tepat dalam penggunaan keuangan negara. :)

  4. Pingback: Contoh Kerangka Karangan Artikel Bertema Olahraga | Jasa Artikel.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>