Asal Usul Ya’juj Ma’juj Dan Pertanda Datangnya Hari Kiamat

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas kondisi bumi yang aman dan damai dibawah kepemimpinan Nabi Isa setelah menumpas Dajjal dan pengikutnya. Namun tidak selamanya manusia bergelimang kenikmatan. Seperti halnya yang dialami oleh umat manusia di jaman Nabi Isa setelah turun dari langit, ketika mendekati hari kiamat nanti. Karena kemakmuran dan kesejahteraan, kedamaian dan rasa aman pun terganggu karena kehadiran Ya’juj dan Ma’juj.

Munculnya Dajjal, keluarnya Imam Mahdi, dan turunnya Nabi Isa dari langit, serta kehadiran Ya’juj dan Ma’juj merupakan pertanda hari kiamat sudah dekat. Tidak ada yang tahu pasti siapakah sebenarnya makhluk yang bernama Ya’juj dan Ma’juj itu. Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa Ya’juj dan Ma’juj hanyalah simbol dari sifat manusia yang buruk. Yaitu bangsa yang berasal dari wilayah negara Turki.

Namun ada pula yang meyakini bahwa Ya’juj dan Ma’juj adalah memang benar-benar makhluk Allah yang bentuknya aneh, semacam monster. Makhluk ini mempunyai perilaku yang selalu merusak alam ini. Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj sebagai pertanda hari kiamat sudah dekat. Tentang kebenaran pendapat tersebut, wallahu alam. Meski demikian, menurut Rasulullah SAW yang pasti Ya’juj dan Ma’juj akan hadir kelak di hari akhir dan menandai kiamat sudah dekat.

gambar kaligrafi Allah Muhammad logo agama Islam

Daftar Keinginan Setan Sebagai Imbal Balik Amal Ibadah 7000 Tahun Kepada Allah SWT

Ciri-ciri Dan Sejarah Lahirnya Ya’juj Dan Ma’juj

Ada yang berpendapat bahwa makhluk yang bernama Ya’juj dan Ma’juj memiliki bentuk tubuh persegi. Telinganya sangat lebar sehingga jika tidur, sebelah telinganya bisa dipakai untuk alas dan satunya lagi dipakai untuk selimut. Namun ada pula yang berpendapat bahwa Ya’juj dan Ma’juj itu menyerupai lebah, tingginya sekitar 120 kaki. Sementara ada pula yang berpendapat bahwa ciri-ciri fisik Ya’juj dan Ma’juj bentuknya sebesar ibu jari. Sebuah riwayat menerangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Allah telah membuka dinding pembatasYa’juj dan Ma’juj sebesar ini (Rasullah SAW berkata sambil melengkungkan jari telunjuk dengan ibu jarinya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semenjak jaman Raja Dzulkarnain makhluk ini sudah ada. Jaman Raja Dzulkarnain berarti jaman kehidupan Nabi Hidhir. Namun keberadaan makhluk tersebut terkurung dalam sebuah benteng yang kokoh. Sebagian ulama berpendapat, mereka berada dalam sebuah jurang yang sangat dalam. Kedalaman jurang itu kira-kira 150 kaki.

Tak ada seorang pun yang dapat menjangkau jurang tersebut karena tempatnya yang terasing dan sangat curam. Tempat tersebut diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Amlas dan Gunung Munqathi. Gunung Amlas artinya gunung yang tidak dapat didaki oleh manusia karena permukaannya sangat licin. Permukaan Gunung Amlas terdiri dari batuan keras yang tidak dapat ditumbuhi oleh pohon. Sedangkan Gunung Munqathi artinya gunung yang berlatar belakang lautan bebas. Jadi, tempat tersebut langsung berhadapan dengan samudera.

Diantara dua gunung tersebut dipagari tembok beton dan besi baja yang sangat kuat. Konon yang membangun pagar pengurungan Ya’juj dan Ma’juj adalah Raja Dzulkarnain pada tahun 1530 sebelum hijriyah. Tinggi pagar tersebut kira-kira 600 hasta, hampir sama tingginya dengan puncak dua gunung tersebut. Sedangkan lebar benteng tempat perangkap Ya’juj dan Ma’juj tersebut adalah 300 hasta dan panjang pagar sekitar 100 pos. Sama dengan jarak antara kedua gunung tersebut.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Realigi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Asal Usul Ya’juj Ma’juj Dan Pertanda Datangnya Hari Kiamat

  1. Pingback: Ya’juj Dan Ma’juj Terbebas Dari Penjara Buatan Raja Dzulkarnain | The Jombang Taste

  2. Pingback: Allah Mendatangkan Bencana Untuk Ya’juj Dan Ma’juj | The Jombang Taste

  3. Pingback: Nabi Isa Dan Umat Mukmin Diserang Ya’juj Dan Ma’juj | The Jombang Taste

  4. agni says:

    wah.. wah… seru ni, kalau bgtu syiah aliran yg paling benar dong, karena imam Mahdi adalah imam yg ditunggu-tunggu oleh orang syiah, dia menghilang pada imam yg ke 12 (aliran syiah Isna asyariah). hebat pula Iskandar Zulkarnaen dpt membuat benteng setinggi puncak gunung! berapa ratus tahun pembuatannya yach??? tembok cina saja 200 th, iyah setuju buat mas promo memang ini dongeng yg paling bagus buat nakut-nakutin adik gw ygmasih balita, he..he… seru lah ditunggu dongengnya yg lain yach..!?

Leave a Reply