Budaya Daerah Yang Dipengaruhi Unsur Hindu-Buddha di Indonesia

Inilah Daftar Sepuluh Paramita Pelindung Buddha

Inilah Daftar Sepuluh Paramita Pelindung Buddha

Apa kabar blogger Jombang dan blogger Indonesia? The Jombang Taste hadir berbagi artikel info kepenulisan dan sejarah budaya bangsa. Pada artikel ini kita akan membahas kebudayaan daerah di Indonesia yang mendapat pengaruh agama Hindu dan Buddha.

Masuknya pengaruh agama dan kebudayaan di Indonesia ternyata tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Pengaruh budaya dan agama tampak dengan ditemukannya berbagai peninggalan-peninggalan bercorak Hindu dan Buddha di berbagai daerah di Indonesia. Peninggalan tersebut pada umumnya berupa candi, arca, maupun bekas reruntuhan kerajaan bercorak Hindu-Buddha.

Bagaimana awal mula agama Hindu masuk ke kepulauan Nusantara? Berdasarkan teori masuknya agama Hindu ke Indonesia, hanya teori Brahmana yang dianggap sesuai dengan bukti-bukti yang ada. Bukti-bukti tersebut antara lain:

  • Agama Hindu bukan agama yang demokratis karena urusan keagamaan menjadi monopoli kaum Brahmana, sehingga hanya kaum Brahmana-lah yang berhak membaca kitab agama Hindu dan menyiarkan agama Hindu ke berbagai penjuru dunia.
  • Prasasti pertama yang ditemukan di Indonesia menggunakan bahasa Sanskerta, sedangkan di India bahasa itu hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan. Jadi, kaum Brahmana merupakan kelompok yang mengerti dan menggunakan bahasa tersebut.

Di Pulau Sumatera terdapat pengaruh agama Hindu-Buddha, yaitu dengan ditemukannya reruntuhan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang bercorak Buddha. Salah satu candi Buddha di Pulau Sumatera adalah Candi Muara Takus dari Kerajaan Sriwijaya. Di Pulau Kalimantan terdapat pengaruh agama Hindu. Hal ini terbukti dengan ditemukannya reruntuhan Kerajaan Kutai dengan beberapa yupa atau prasasti yang bercorak Hindu.

Pengaruh Hindu-Buddha di Pulau Jawa

Sedangkan di Pulau Jawa terdapat lebih banyak bukti-bukti pengaruh agama Hindu dan Buddha. Pengaruh agama Hindu dapat kita temukan dengan munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu. Kerajaan Hindu di Pulau Jawa antara lain: Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat, Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah, Wangsa Isyana Kerajaan Singasari di Jawa Timur, dan Kerajaan Majapahit di Jawa Timur.

Pengaruh agama Hindu di Pulau Jawa dapat kita buktikan dengan keberadaan candi-candio bercorak Hindu. Candi Hindu di Pulau Jawa antara lain: Kompleks Candi Dieng, Candi Prambanan, Candi Tikus, Candi Penataran, Candi Bajang Ratu, Candi Singasari, Candi Jago, Candi Kidal, dan lain-lain.

Agama Buddha juga mempengaruhi kehidupan masyarakat Pulau Jawa pada jaman dulu. Kerajaan bercorak agama Buddha yang ada di Pulau Jawa antara lain: Kerajaan Mataram Buddha, Kerajaan Kalingga, dan Kerajaan Singasari. Candi-candi yang bercorak agama Budha di Pulau Jawa antara lain Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Kalasan, Candi Mendut, Candi Sari, Candi Ratu Boko, dan lain-lain.

Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia Timur

Di Pulau Bali juga mendapat pengaruh agama Hindu, yaitu dengan ditemukannya bekas Kerajaan Bali Wangsa Warmadewa dan candi-candi di Bali. Bahkan pengaruh agama Hindu di Pulau Bali masih kuat sampai sekarang. Walaupun Bali sudah tersentuh modernisasi, kehidupan masyarakat Bali masih mempertahankan agama Hindu dalam kegiatan sehari-hari. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Bali.

Sedangkan daerah-daerah yang tidak terpengaruh oleh ajaran agama Hindu dan Buddha di kawasan Indonesia Timur adalah wilayah Kepulauan Maluku, Pulau Irian, dan daerah Nusa Tenggara. Di daerah-daerah tersebut tidak diketemukan bukti-bukti adanya ajaran agama Hindu-Buddha. Semoga artikel sejarah budaya Indonesia ini bisa menambah wawasan setiap ghost writer, penulis lepas, dan freelancer writer di Indonesia.

Ayo cintai budaya dalam negeri!

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sejarah Budaya and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Budaya Daerah Yang Dipengaruhi Unsur Hindu-Buddha di Indonesia

  1. Pingback: Peninggalan Bersejarah Kerajaan di Indonesia Bidang Sastra dan Bahasa | The Jombang Taste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>