Karya Seni Rupa Terapan Daerah Di Indonesia

Gambar Ornamen Binatang Ikan

Gambar Ornamen Binatang Ikan

Hallo blogger Jombang dan komunitas blogger di Indonesia! Artikel kali ini masih membahas ragam karya seni rupa terapan yang bisa ditemui di seluruh pelosok tanah air kita. Sebagaimana kita ketahui, wilayah negara Indonesia terdiri atas banyak daerah dan suku. Setiap daerah memiliki corak budaya, adat istiadat, dan tradisi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Masing-masing budaya memiliki karakter dan ciri khas tersendiri.

Perbedaan-perbedaan tersebut bukan merupakan sumber perpecahan, namun sebaliknya, malah berfungsi sebagai kekayaan bangsa. Wilayah atau daerah yang luas banyak berpengaruh terhadap tumbuh dan berkembangnya kesenian seni rupa daerah. Seni rupa tradisional adalah salah satu daya tarik kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Seni rupa pada daerah di Indonesia juga banyak (heterogen) jenis dan macam ragamnya, yang dipengaruhi oleh adat istiadat, tradisi dan budaya setempat. Oleh sebab itu hanya seni rupa terapan daerah setempat yang dapat disebut sebagai seni rupa tradisional. Ribuan ragam seni rupa tradisional Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Karya seni rupa daerah setempat diciptakan untuk tujuan melestarikan nilai-nilai tradisi dan adat dalam proses dan teknik berkarya seni rupa dari daerah setempat. Bentuk, model, teknik, sarana, dan media (bahan dan alat) karya seni rupa terapan daerah setempat perlu untuk dilestarikan dan dipertahankan karena memiliki keunikan atau karakteristik tersendiri sebagai kekayaan seni budaya bangsa.

Apabila kita berkunjung ke daerah-daerah, di sana kita bisa menemukan berbagai karya seni rupa terapan yang indah, menarik, dan unik, berwujud benda-benda seni kerajinan buatan tangan yang menggambarkan daerah setempat dan banyak diminati oleh orang banyak. Tak jarang, karya seni tradisional menjadi salah satu cenderamata yang banyak disukai oleh wisatawan dari luar negeri. Ayo jelajahi kekayaan budaya negeri Indonesia!

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sejarah Budaya and tagged , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Karya Seni Rupa Terapan Daerah Di Indonesia

  1. Pingback: Teknik dan Media Seni Rupa Terapan Daerah Setempat | The Jombang Taste

  2. Pingback: Jenis Media Karya Seni Rupa Terapan dan Murni | Jasa Artikel.Com

  3. Pingback: 4 Tahap Persiapan Membuat Karya Seni Rupa | Jasa Artikel.Com

  4. Pingback: 4 Tahap Persiapan Membuat Karya Seni Rupa | The Jombang Taste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>