Mengenal Peruntungan Manusia Menurut Kalender Imlek China

20 Ways to Get Good Karma....The Dalai Lama

20 Ways to Get Good Karma....The Dalai Lama

Sama seperti budaya Timur lainnya, kebudayaan China menggunakan alam sebagai pedoman dan perlambang dalam segenap perilaku manusia. Kebudayaan China dikenal memiliki tradisi yang unik dalam hal menghitung dan meramal peruntungan manusia. Ilmu pengetahuan yang membahas peruntungan nasib manusia menurut kalender China disebut Feng Shui. Di tengah era modern saat ini, masih banyak orang yang menggunakan Feng Shui dalam mencari saran mengenai langkah bisnis, keuangan, jodoh, kesehatan, dan kehidupan rumah tangga.

Menurut Kang Hong Kian, pakar Feng Shui Indonesia, kalender Imlek China mengenal 12 macam shio sesuai tahun kelahiran manusia dan berulang berdasarkan urutan atau siklus sebagai berikut:

  1. Shio kerbau, tahun kelahiran 1961, 1973, 1985, 1997, 2009 dan seterusnya.
  2. Shio macan, tahun kelahiran 1962, 1974, 1986, 1998, 2010 dan seterusnya.
  3. Shio kelinci, tahun kelahiran 1951, 1975, 1987, 1999, 2011 dan seterusnya.
  4. Shio naga, tahun kelahiran 1940, 1964, 1976, 1988, 2000 dan seterusnya.
  5. Shio ular, tahun kelahiran 1953, 1965, 1977, 1989, 2001 dan seterusnya.
  6. Shio kuda, tahun kelahiran 1954, 1966, 1978, 1990, 2002 dan seterusnya.
  7. Shio kambing, tahun kelahiran 1955, 1967, 1979, 1991, 2003 dan seterusnya.
  8. Shio monyet, tahun kelahiran 1968, 1980, 1992, 2004, 2016 dan seterusnya.
  9. Shio ayam, tahun kelahiran 1969, 1981, 1993, 2005, 2017 dan seterusnya.
  10. Shio anjing, tahun kelahiran 1970, 1982, 1994, 2006, 2018 dan seterusnya.
  11. Shio babi, tahun kelahiran 1971, 1983, 1995, 2007, 2019 dan seterusnya.
  12. Shio tikus, tahun kelahiran 1960, 1972, 1984, 1996, 2008 dan seterusnya.

5 Unsur Alam Menurut Kalender China

Selain 12 shio di atas, peruntungan manusia menurut kalender China juga dipengaruhi oleh 5 unsur alam, yaitu logam, air, kayu, api, dan tanah. Tahun kelahiran yang dipengaruhi oleh masing-masing 5 unsur alam antara lain:

  1. Unsur logam, tahun kelahiran 1980, 1981, 1990, 1991, 2000, 2001, 2010, dan 2011.
  2. Unsur air, tahun kelahiran 1982, 1983, 1992, 1993, 2002, 2003, 2012, dan 2013.
  3. Unsur kayu, tahun kelahiran, 1984, 1985, 1994, 1995, 2004, 2005, 2014, dan 2015.
  4. Unsur api, tahun kelahiran 1986, 1987, 1996, 1997, 2006, 2007, 2016, dan 2017.
  5. Unsur tanah, tahun kelahiran 1978, 1979, 1988, 1989, 2008, 2009, 2018, dan 2019.

Elemen Yin-Yang yang terdiri dari 5 unsur mengandung makna keseimbangan alam. Yin bersifat dingin, sedangkan Yang bersifat panas. Unsur kayu dan api bersifat Yang, unsur logam dan air bersifat Yin, sedangkan tanah bersifat gabungan dari Yin-Yang.

Pada saat menentukan keberuntungan seseorang, seorang pakar feng shui menggunakan beberapa unsur terkait tahun kelahiran dan tahun yang akan berjalan. Keberuntungan seseorang dipengaruhi oleh unsur dasar, unsur sisipan dan unsur siklus.

Tiga unsur tersebut pada dasarnya bekerja saling mengekang satu sama lain. Dari tiga siklus tersebut, unsur siklus pada hakikatnya mengekang unsur dasar dan unsur sisipan. Meski demikian, sifat pengekangan ada yang bersifat normal dan tidak normal.

Mudah-mudahan informasi ini bisa memperluas pengetahuan Anda dalam hal mencari solusi alternatif berbagai permasalahan hidup dalam hal bisnis, jodoh, kesehatan, dan keuangan.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sejarah Budaya and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Mengenal Peruntungan Manusia Menurut Kalender Imlek China

  1. asaz says:

    wah paparan yang lengkap sekali mas agus

  2. nurediyanto says:

    knp gak menurut kosmologi jawa aja? drpd bekiblat k china. lagian urusan rizki mah urusan Tuhan gan

  3. eyas says:

    urusan rejeki emang di tangan Tuhan. mau pake kosmologi jawa juga boleh. tp harus dilihat donk ini yg dibahas mengenai apa. malah seakan-akan peniadaan hal-hal berbau “cina”.

    kalo anda mengganggap urusan rejeki di tangan Tuhan, kenapa anda malah mengajukan kosmologi jawa…kan sama saja? nggak fair donk, ini nggak boleh tp itu boleh. ingat, indonesia ini plural sekali. gak cuman dari suku tertentu aja. Toh sama-sama ilmu pengetahuan, yang nggak asal terka. tinggal kita meyakininya bagaimana.

    just my 2 cent :)

  4. Angga says:

    untuk nurdiyanto : Urusan Feng sui sebenarnya bukan mengacu pada agama tertentu, namun lebih kearah ilmu fisika, ya.. ilmu fisika yang anda pelajari waktu anda masih sekolah dulu. ilmu feng sui memanfaatkan pengetahuan dasar mengenai fisika yang kebetulan orang tionghoa lebih mampu untuk mengembangkannya dan aplikasi kedalam kehidupan sehari – hari, ilmu feng sui semisal masalah shio dan unsur adalah kurang lebih seperti ilmu tentang golongan darah bagi kita. karena beda bulan dan bahkan tahun kelahiran bisa menentukan genetika dan perwatakan kita karena pengaruh iklim/cuaca/temperatur suhu pada waktu kita di dalam kandungan dan sampai melahirkan, hal ini mengapa menurut penelitian kedokteran bahwa anak2 yang terlahir pada musim hujan/ dingin lebih jarang sakit dari pada anak yang lahir pada musim kemarau, karena sejak dalam kandungan, genetika si jabang bayi sudah belajar untuk menghadapi keadaan yang mengancam di luar tubuh ibunya. kira2 seperti itulah ilmu feng sui tercipta, berdasarkan ilmu fisika dan bukan karena adanya agama tertentu atau kepercayaan tertentu, mengenai simbol2 yang dipakai dalam ilmu feng sui tentu saja itu hanya perlambang keadaan yang dimaksudkan.

  5. Acung Motor says:

    Betul itu ,,,,,,,,,,ini orang egois ,,,,,,,,,,,,,dan tak nyambung

  6. rudy says:

    masih ada orang ber otak rasis,bukan berdebat berdasarkan ilmu tapi berdasarkan sentimen ras,apa pernah tidak di bayar gaji nya oleh tauke cina nya ya.Beginilah kalau otak masih 15 abad yg lalu dan belum di up date.

  7. jack says:

    Begok x pon kau nurediyanto, otak tuh di kepala bukan di dengkul di buat

  8. alex says:

    mas, kenapa tahun yg digunakan bukan berdasarkan penanggalan cina. mohon penjelasan trims

Comments are closed.