Pengertian Dan Macam-macam Cara Menggambar Bentuk

Gambar Ornamen Binatang Ikan

Gambar Ornamen Binatang Ikan

Apa kabar blogger Indonesia yang mencintai seni dan budaya bangsa? Artikel seni budaya hadir kembali dengan pembahasan pengertian dan macam-macam cara menggambar bentuk. Apakah pengertian menggambar bentuk? Menggambar bentuk adalah membuat karya dua dimensi dengan meniru benda dalam bentuk seperti apa yang kita lihat. Menggambar bentuk dilengkapi dengan model. Model adalah benda yang disajikan untuk digambar sebagai obyek. Dengan kata lain, menggambar bentuk harus mempunyai benda yang digambar atau ditiru. Benda yang ditiru bisa berada nyata di hadapan maupun melalui teknologi internet.

Lalu, apakah jenis atau macam menggambar bentuk yang bisa kita buat? Jenis gambar bentuk dalam perwujudannya ada dua golongan, yaitu gambar secara realis dan gambar pengembangan (realistis). Penjelasan macam gambar bentuk sebagai berikut:

1. Gambar Realis.

Apakah pengertian gambar realis? Gambar realis adalah gambar seperti apa yang kita lihat atau apa yang kita tangkap dengan indera penglihatan atau mata kita. Gambar realis bersifat memindahkan obyek benda pada bidang gambar secara riil atau kenyataan, sama halnya dengan kamera menangkap obyek menjadi gambar foto. Bentuk dan warna gambar meniru seperti alam nyata atau naturalis.

Contoh gambar realis adalah gambar manusia atau binatang dengan proporsi yang benar dan tepat, membuat tumbuhan, bunga, daun, warnanya dibuat seperti aslinya dan tidak boleh diubah. Gambar realis terikat oleh aturan yang mengikat kreatifitas penggambar berkurang. Keterikatan atau aturan yang dipakai dalam gambar realis adalah sebagai berikut:

  1. Proporsi harus tepat atau mirip. Proporsi adalah perbandingan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya dari suatu benda.
  2. Menggunakan persektif dengan benar. Perspektif yaitu gambar berdasarkan pandangan mata penggambar yang serasi dari wujud benda tersebut.
  3. Komposisi atau susunan unsur rupa benda yang digambar serasi dan harus terlihat harmonis.
  4. Membuat gelap terang atau value dan bayang-bayang benda dengan berdasarkan arah sinar yang datang.
gambar buah apel merah

gambar buah apel merah


2. Gambar Pengembangan Atau Gambar Modern.

Apakah yang dimaksud dengan gambar modern? Apa saja jenis atau macam gambar modern? Gambar pengembangan adalah mengembangkan atau mengubah bentuk-bentuk yang nyata atau realis berdasarkan imajinasi, ide atau gagasan, serta kreativitas penggambar. Gambar bentuk seperti ini biasanya disebut gambar imajinatif. Walaupun memiliki bentuk seperti benda nyata, kadang cukup sulit untuk memahami arti gambar modern.

Hasil gambar modern adalah benda yang kita lihat seakan tidak sama atau mirip dengan benda yang dijadikan model. Meski demikian, gambar pengembangan tidak boleh meninggalkan karakter asli benda tersebut. Meskipun bentuknya diubah dengan kreasi sendiri, orang yang melihat akan tahu bahwa yang digambar adalah wujud benda sesuai dengan ciri khasnya. Misalnya, gambar manusia, binatang, meja, kursi, dan benda lain masih dapat dibenahi atau dipahami.

Pengembangan atau perubahan dalam bentuk ini mengikuti dengan perkembangan zaman dan pola pikir, daya cipta atau kreativitas manusia yang mendapat pengaruh dari dunia barat, yaitu bangsa Eropa. Jenis gambar bentuk pengembangan atau gambar imajinasi antara lain:

  1. Gambar stilasi. Pengertian gambar stilasi adalah jenis menggambar yang menyederhanakan bentuk dengan tidak meninggalkan karakter bentuk aslinya.
  2. Gambar distorsi. Pengertian gambar distorsi adalah melebih-lebihkan atau menonjolkan bentuk-bentuk aslinya.
  3. Gambar deformasi. Pengertian gambar deformasi adalah cara menggambar bentuk yang bersifat analitis, memisahkan unsur-unsur dengan tidak meninggalkan komposisi.
  4. Gambar transformasi. Pengertian gambar transformasi adalah cara menggambar bentuk yang menggabungkan atau memindahkan unsur-unsur bentuk benda yang satu dengan lainnya.

Semoga artikel seni menggambar ini bisa memberi manfaat bagi setiap pelajar Indonesia. Ayo kita cintai seni dan kriya buatan bangsa Indonesia!

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sejarah Budaya and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Pengertian Dan Macam-macam Cara Menggambar Bentuk

  1. Pingback: Menggambar Bermacam Bentuk Benda Seni Terapan Tiga Dimensi | The Jombang Taste

  2. Pingback: 2 Jenis Pendekatan Dalam Seni Menggambar Bentuk | Jasa Artikel.Com

  3. Pingback: Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pameran Seni Rupa | Jasa Artikel.Com

  4. Pingback: Jenis Media Karya Seni Rupa Terapan dan Murni | Jasa Artikel.Com

  5. Eva Meylinda says:

    nhpa nda bisa diblok pelit amat ini untuk tugas sekolah tauuuuuu

  6. Pingback: 2 Jenis Pendekatan Dalam Seni Menggambar Bentuk | The Jombang Taste

  7. Pingback: Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pameran Seni Rupa | The Jombang Taste

Leave a Reply