Pengertian, Contoh dan Manfaat Lagu Wajib Nasional di Indonesia

Pengertian, Contoh dan Manfaat Lagu Wajib Nasional di Indonesia

Pengertian, Contoh dan Manfaat Lagu Wajib Nasional di Indonesia

Apa kabar teman-teman blogger Jombang? Pada artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian, ciri-ciri dan contoh lagu daerah di Nusantara. Nah, tulisan kali ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Artikel ini akan membahas pengertian lagu wajib, contoh lagu wajib dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari lagu wajib.

Pengertian lagu wajib adalah lagu yang diwajibkan untuk diajarkan oleh guru kepada siswa pada tingkat pendidikan dasar. Pengajaran lagu wajib kepada para siswa merupakan hal yang penting karena fungsi dari lagu-lagu tersebut dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air, menghargai jasa para pahlawan, dan membakar semangat perjuangan agar selalu menyala.

Lagu wajib nasional di Indonesia diciptakan oleh komponis-komponis Indonesia yang hidup pada masa sebelum Indonesia merdeka dan pada masa perang kemerdekaan. Siapa saja nama-nama pencipta lagu wajib yang dimiliki oleh Indonesia? Daftar nama komponis Indonesia pencipta lagu wajib nasional antara lain: Ismail Marzuki, WR. Supratman, Kusbini, L. Manik, dan C. Simanjutak. Selain nama-nama tersebut masih banyak komponis lain yang lagunya sering dinyanyikan sampai sekarang.

Lalu, apa saja ciri-ciri lagu wajib di Indonesia? Ciri-ciri lagu wajib antara lain sebagai berikut:

  1. Lirik lagu wajib bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan bangsa, heroisme, patriotisme, dan nasionalisme serta rela mengorbankan jiwa dan raga demi kelangsungan hidup bangsa.
  2. Lagu wajib biasanya menggunakan irama yang penuh semangat atau berbentuk hymne.
  3. Lagu-lagu wajib diajarkan, dipelajari dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya.

Contoh lagu wajib di Indonesia antara lain: Bagimu Negeri ciptaan Kusbini, Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan L. Manik, Halo-halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki, dan Hari Merdeka ciptaan H. Mutahar.

Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar lagu wajib nasional. Manfaat mempelajari lagu-lagu wajib adalah:

  1. Mencintai tanah air dan bangsa.
  2. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Menghilangkan rasa kedaerahan.
  4. Rela berkorban jiwa, raga dan harta demi bangsa dan negara.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda. Ayo cintai lagi lagu-lagu perjuangan Indonesia. Jangan hanya waktu lomba Tujuh Belas Agustus saja ya.

Referensi: MGMP Seni Budaya Kabupaten Jombang

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Seni Sastra Budaya and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pengertian, Contoh dan Manfaat Lagu Wajib Nasional di Indonesia

  1. Pingback: Jenis Lagu Keroncong Asli, Langgam, Stambul, dan Ekstra | The Jombang Taste

Leave a Reply