Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pameran Seni Rupa

Liburan Guru Genius dan Duta Guru ke Kota Wisata Batu

Mana Manusia, Mana Patung?

Apa kabar kawan Blogger Indonesia! Pada beberapa artikel sebelumnya kita telah membahas artikel kesenian mengenai jenis pendekatan menggambar bentuk, langkah menggambar bentuk dengan bantuan sebuah model, dan tahap persiapan berkreasi membuat karya seni rupa.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat mengadakan pameran seni rupa. Mengapa seniman seharusnya mengadakan pameran hasil karya mereka? Apakah manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya pameran seni rupa? Mari kita bahas bersama.

Sebelum hasil karya seni ditata pada ruang pameran, maka perlu adanya persiapan-persiapan sebelum pameran, sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan. Sebelumnya, perlu kita ketahui dahulu tentang pengertian dan tujuan pameran diselenggarakan.

Pengertian Pameran Seni Rupa

Pengertian pameran adalah suatu kegiatan untuk menampilkan suatu karya seni berupa barang, jasa atau prestasi kepada masyarakat umum. Pameran digunakan untuk menampilkan karya seni rupa, sedangkan penampilan karya seni musik atau seni tari disebut pagelaran.

Tujuan Pameran

Tujuan diselenggarakan pameran seni rupa adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana hiburan atau rekreasi bagi kelompok pecinta seni dan masyarakat.
  • Memberikan motivasi kepada pengunjung untuk mengambil langkah konkrit yang bermanfaat dalam berkesenian.
  • Memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan pengembangan budaya nasional.
  • Wujud dari hasil praktik seni rupa. Bila praktek berkarya seni tidak ditunjukkan kepada masyarakat, maka akan menjadi pengisi ruang gudang belaka.
  • Sarana menunjukkan dan mengembangkan bakat pelajar kepada masyarakat dan kemungkinan mendapatkan penghasilan dari bidang seni.
  • Meningkatkan apresiasi seni pada generasi muda. Bangsa yang maju seringkali ditandai dengan besarnya apresiasi (penghargaan) mereka terhadap kehidupan seni dan budaya.

Fungsi Pameran Seni Rupa

Fungsi diadakannya pameran seni rupa antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai sarana pembelajaran untuk menanamkan kesadaran akan nilai-nilai keindahan pada karya seni.
  • Sebagai sarana rekreasi dan hiburan. Dengan melihat pameran akan timbul rasa senang, segar, menghilangkan kejenuhan dan ketegangan batin dan fisik.
  • Sebagai sarana pencapaian prestasi. Merupakan ajang berprestasi dan berkompetisi timbul pemikiran untuk berkarya yang baik.
  • Sebagai sarana apresiasi. Dengan melihat pameran seni maka akan muncul berbagai tanggapan berupa kritik, penilaian, sarana penghargaan, rangsangan seseorang untuk berbuat kreatif dalam berkarya seni dan berolah seni.

Persiapan Pameran Seni Rupa

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyelenggarakan pameran seni rupa antara lain:

1. Pengumpulan hasil karya

Hasil karya yang dikumpulkan untuk pameran adalah karya yang sudah diseleksi terlebih dulu sehingga karya yang dipamerkan adalah karya yang berbobot atau yang bermutu. Dengan demikian pengunjung yang datang saat menyaksikan tidak kecewa dengan karya yang dipamerkan.

2. Tempat pameran

Sebaiknya penitia pameran memilih tempat atau ruang pameran yang luas dan mewadahi bagi pengunjung. Dengan adanya ruang yang kuat, pengunjung akan merasa lebih leluasa untuk bergerak pada saat menyaksikan pameran.

3. Publikasi

Publikasi acara merupakan salah satu penunjang suksesnya sebuah pameran karena dengan publikasi ini maka masyarakat akan dapat mengetahui pelaksanaan, tempat, waktu, dan lain-lain. Publikasi pameran yang bagus akan menghasilkan kunjungan masyarakat terhadap acara pameran pada waktu, tempat, dan tanggal pelaksanaan sesuai dengan informasi pada publikasi. Publikasi dapat berupa siaran radio, iklan pada surat kabar, spanduk, selebaran, pamflet, dan baliho.

4. Upacara pembukaan

Upacara pembukaan pameran memerlukan informasi resmi berupa undangan tentang pameran tersebut, obyek yang diundang antara lain para pejabat, pemimpin daerah, tokoh masyarakat, maupun masyarakat umum. Pada moment upacara pembukaan perlu dihadirkan wartawan dari beberapa media sehingga mereka akan meliput dan menyebarluaskan event pameran seni rupa kepada masyarakat luas.

Semoga artikel yang menjelaskan persiapan menyelenggarakan pameran seni rupa ini bisa membantu setiap penulis lepas dan freelancer writer di Indonesia. Ayo berkreasi dalam seni rupa!

About Agus Siswoyo

Warga Jombang, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo. Matur nuwun!
This entry was posted in Seni Sastra Budaya and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pameran Seni Rupa

  1. Pingback: Pengertian Dan Cara Belajar Seni Musik Daerah | The Jombang Taste

  2. syqin says:

    Hey I’m wondering, when you write this post, do you refer to any books or journal article, because I’m doing a research on exhibition (pameran) its kind of hard for me to find a books that briefly explain about what exhibition really mean and etc. do you have any suggestion or references that I can do for my academic research. Thanks syqin

Leave a Reply