Asal Usul Desa Guwo

 

View Larger Map

pembangunan jalan desa

pembangunan jalan desa

Guwo adalah nama sebuah dusun yang terdiri dari tiga desa, yaitu Latsari, Kempreng dan Jambangan. Entah mengapa nama Guwo kemudian dikenal sebagai desa yang dalam faktanya ada di Latsari. Mungkin hal ini didasarkan pada kedudukan balai desa yang berlokasi di Latsari. Jadi untuk ambil gampangnya, desa yang ada balai desanya disebut Guwo. Padahal dalam peta Geografi kecamatan Mojowarno tidak ada nama desa Guwo, melainkan desa Latsari. Dalam buku rapor saya pun tertulis saya beralamat di desa Latsari, bukan Guwo. Tapi ya sudahlah. Ini hanya sebutan yang disepakati oleh seluruh warga selama bertahun-tahun. Kalau mau mengubah juga nggak mudah.

Kata Guwo berasal dari bahasa Jawa guo yang berarti gua, lubang di bawah permukaan yang terbentuk secara alami maupun karena buatan manusia. Ada apa dengan kata gua? Apakah memang benar ada gua bersejarah di desa yang terletak di kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang ini? Yup, memang demikian adanya. Di desa ini terdapat 9 gua yang dipercayai oleh penduduk setempat telah ada sejak jaman dahulu kala. Ada pula yang menyebut gua tersebut adalah peninggalan tentara kerajaan Majapahit yang berusaha menyembunyikan diri dari serangan musuh tentara kerajaan Kediri dengan cara menggali lubang.

Hal tersebut memang sangat beralasan. Desa Guwo terletak diantara dua kekuasaan kerajaan berpengaruh dalam sejarah budaya Indonesia. Di sebelah barat daya terdapat kerajaan Kediri yang mencapai kesuksesan pada pemerintahan Raja Kertanegara. Sementara di Timur Laut terdapat kerajaan Majapahit yang berkuasa menyatukan Nusantara di bawah pemerintahan Hayam Wuruk. Persilangan wilayah kekuasaan tersebut memberi warna tersendiri bagi desa ini.

Dalam cerita yang berkembang dari mulut ke mulut versi lain menyatakan desa ini ada hubungannya dengan kerajaan Bajang. Bajang adalah nama desa yang terletak kurang lebih 3 kilometer di sebelah barat desa Guwo. Diceritakan ada segerombolan perampok yang dipimpin pemuda tangguh bernama Maling Cluring. Maling Cluring jatuh cinta kepada puteri Raja Bajang namun cintanya bertepuk sebelah tangan. Oleh karena itu dia nekat mencuri sang puteri pada malam hari.

Maling Cluring bukanlah pemuda bodoh. Ia pintar membuat strategi perang. Dia memerintahkan anak buahnya membuat 9 gua sebagai tempat berlindung dan bersembunyi saat dikejar oleh tentara kerajaan Bajang. Gua itu seperti sebuah labirin yang memiliki jalur penghubung antar ruangan dengan alur unik dan bisa menjebak setiap orang baru yang masuk ke dalamnya. Inilah yang menjadikan tentara Bajang bisa dikalahkan oleh Maling Cluring dan ratusan anak buahnya.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana kelanjutan nasib sang puteri Bajang di tangan Maling Cluring. Ada yang menyebut si puteri dikembalikan ke istana karena Maling Cluring kasihan melihat kesedihan si puteri. Yang jelas, sampai saat ini kesembilan gua masih bisa ditemukan di sekitar perempatan desa Guwo. Dua gua berada di sebelah utara jalan, sedangkan lainnya tersebar di lapangan kompleks penggilingan padi yang terletak di selatan jalan raya yang menghubungkan Mojoagung dan Ngoro.

Gua tersebut bukan sekedar berupa tanah berlubang. Dalam perkembangannya, gua-gua tadi berfungsi sebagai rumah burung-burung walet. Inilah nilai ekonomis yang terkandung di dalamnya. Kebetulan salah satu gua berada tepat di sebelah rumah saudara saya. Dari beliau saya tahu bahwa di dinding gua terdapat ratusan burung walet dan sriti yang berkembang dengan aman. Hmm, beruntung banget beliau. Tapi gua bukan hanya memberi nilai ekonomis lho, ada juga sisi magis yang mengitarinya. Apa saja kejadian gaib tersebut, tunggu artikel saya berikutnya. :)

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sosial Budaya and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Asal Usul Desa Guwo

  1. karangkobar.net says:

    Wow, awesome blog structure! How lengthy have you ever been running a blog for? you make running a blog look easy. The full look of your web site is great, as smartly as the content material!

  2. You really make it seem so easy along with your presentation however I in finding this matter to be actually one thing that I feel I’d by no means understand. It kind of feels too complex and extremely huge for me. I’m taking a look forward to your next post, I’ll try to get the hold of it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>