Menggali Makna Dari Asal Usul Desa Panjalu

Buku Sejarah Al-Manakib Sultonul Panjalu Wal Imamul Adhom Padjadjaran

Buku Sejarah Al-Manakib Sultonul Panjalu Wal Imamul Adhom Padjadjaran - Situ Lengkong dan Pulau Nusa Gede

Panjalu pada masa sekarang adalah nama sebuah desa dan juga kecamatan yang terletak di kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat. Untuk mencapai wilayah Panjalu, jalur satu-satunya adalah melewati jalur darat melalui Garut. Jika Anda berada di wilayah Nagrek dan sekitarnya, bisa memilih jalur kiri ketika ada jalan raya yang bercabang. Sedangkan dari arah Bandung bisa menuju langsung ke arah Garut. Jalan raya menuju Panjalu sangat ekstrim. Di kiri ada jurang yang curam, sedangkan di sebelah kanan tebing tinggi dan terjal yang rawan longsor pada musim penghujan. Untungnya pada saat saya kesana kemarin lagi musim kemarau sehingga relatif lebih aman.

Waktu saya ke Panjalu dalam rangkaian tur wisata religi Wali Songo, udara disana cukup dingin. Maklumlah, wilayah pegunung Parahyangan yang terkenal indah juga dikenal memiliki medan dan cuaca yang yang menantang. Bisa dibilang hanya orang-orang yang benar-benar niat saja yang berani datang ke Panjalu. Bagi yang iseng-iseng main kesana kemungkinan akan balik sebelum mencapai wilayah yang termasuk dalam jalur selatan pulau Jawa ini.

Arti Kata Panjalu dan Makna Yang Terkandung Di Dalamnya

Menggali Makna Dari Asal Usul Desa Panjalu

Menggali Makna Dari Asal Usul Desa Panjalu

Menurut buku sejarah Al-Manakib Sultonul Panjalu Wal Imamul Adhom Padjadjaran, kata Panjalu merupakan wakilah atau tutur kata Syekh Panjalu yang berasal dari bahasa Arab man ja’alahu. Kata man ja’alahu memiliki arti Siapa Yang Menjadikan Kita? Pertanyaan tersebut ditujukan bagi diri kita sendiri yang dapat menjadi cara agar kita dapat menemukan jati diri kita. Dengan demikian, apabila seseorang telah mengenal dirinya maka ia akan dapat mengenal Tuhannya.

Syekh Panjalu hendak mengarahkan pandangan kita agar senantiasa melakukan introspeksi diri dengan cara bertanya kepada akal sehat atau intuisi kita sambil dikembalikan kepada diri atas segala kejadian atau sebab akibat yang mendampingi kita sepanjang masa agar tumbuh perasaan bersyukur kepada Allah SWT atas berbagai limpahan rahmat-Nya.

Tindakan introspeksi diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini agar kita tidak menganggap diri sendiri yang paling baik. Yang paling celaka adalah apabila telah menganggap diri sendiri yang paling baik, maka dapat menyebabkan pencegahan dari kesempurnaan kepada usaha mengetahui kejelekan yang ada dalam diri sendiri. Ujung-ujungnya adalah kita akan memandang kepada segala yang buruk menjadi baik dan sebagai kesempurnaan.

Syekh Panjalu Bicara Tentang Takdir Manusia

Menggali Makna Dari Asal Usul Desa Panjalu

Menggali Makna Dari Asal Usul Desa Panjalu

Setiap kejadian yang terjadi kepada manusia sepanjang masa, baik yang telah lalu maupun yang akan datang, merupakan rentetan dari takdir Allah SWT. Selain itu, mengimani takdir baik dan buruk adalah bagian rukun iman. Qadha adalah apa yang tergantung pada kehendak Allah terhadap segala yang azali (dahulu, tidak berawal), atas apa yang ada padanya (saat ini) dan segala urusan yang akan kita hadapi kelak.

Sedangkan takdir adalah apa yang dijadikan oleh Allah SWT sesuai dengan ketentuan khusus yang telah dikehendaki-Nya sesuai dengan qadha atau ketentuan-Nya. Dengan demikian, adanya qadha bersifat qadim. Sedangkan takdir Allah SWT adalah baru. Tidak ada pertentangan diantara para ahli bahwa qadha dan takdir Allah SWT termasuk dalam akidah. Tidak ada kebaikan atau kejahatan melainkan datangnya dari sisi Allah SWT berdasarkan kudrat dan iradat-Nya.

Demikian asal mula desa Panjalu beserta makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Ada banyak kearifan lokal yang bisa kita dapatkan disana. Semuanya tergantung kita sendiri apakah bersedia menggali makna dan simbol-simbol yang tertuang dalam sejarah terciptanya desa Panjalu. Mari kita cintai budaya daerah sebagai akar budaya nasional bangsa Indonesia.

About Agus Siswoyo

Warga Jombang, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo. Matur nuwun!
This entry was posted in Sosial Budaya and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Menggali Makna Dari Asal Usul Desa Panjalu

  1. Ario says:

    kalau dari semarang menuju panjalu lewat mana ya?

  2. blogger bandung says:

    bumi parahyangan memang indah dan bersejarah. ditunggu kunjungan baliknya. :)

  3. ghal says:

    dari vivanews nyasar kemari. blognya bagus gan…!

  4. ted says:

    nice inpoh gan…!

  5. Panduan Belajar Blogging says:

    sepertinya tempat yang menarik. patut dicoba main kesana.

  6. Pingback: Asal Mula Terjadinya Danau Situ Lengkong di Panjalu | The Jombang Taste

  7. Pingback: Danau Situ Lengkong Berasal Dari Tetesan Air Zam-zam? | The Jombang Taste

  8. Pingback: Asal Usul dan Makna Dusun Cukang Padung | The Jombang Taste

  9. Hasymeru says:

    Makasih atas semua informasinya.

  10. Pingback: Motivasi Kerja Dari Liburan Ke Tempat Wisata di Indonesia | Catatan Motivasi Blogging Indonesia

  11. zcode system review says:

    Well written content…

    [...]the time to read or visit the content or sites we have linked to below the[...]…

Leave a Reply