Menggambar Bermacam Bentuk Benda Seni Terapan Tiga Dimensi

gambar ornamen kesenian lombok

gambar ornamen kesenian lombok

Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal pengertian dan macam-macam cara menggambar bentuk. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel seni budaya sebelumnya. Maka gambar bentuk yang akan kita bahas kali ini adalah menggambar dengan obyek atau model benda-benda, tetapi pembahasan dibatasi hanya seni rupa terapan daerah setempat. Seni terapan daerah setempat antara lain berupa benda seni kriya atau kerajinan tangan yang berwujud tiga dimensi.

Benda tiga dimensi artinya benda dengan tiga ukuran atau trimatra, yaitu memiliki panjang, lebar, tinggi, dan volume ruang. Benda ini dapat dilihat dari segala arah pandangan, yaitu dari depan, dari belakang, dari atas, dari bawah, dari samping kiri, dan dari samping kanan.

Menggambar tiga dimensi tidak lepas dari gambar perspektif, untuk itu kita harus mengenal adanya garis horizon (cakrawala), titik hilang atau titik lenyap, dan taveril atau garis tanah. Semua garis atau bidang yang tegak harus digambarkan tegak lurus dengan taveril atau horizon. Garis-garis pada bidang yang menyimpang digambarkan menuju ke titik lenyap. Garis-garis yang sejajar juga harus digambarkan menuju dan bertemu di titik lenyap.

Macam Benda Tiga Dimensi

Apa saja macam-macam bentuk benda tiga dimensi? Benda bentuk tiga dimensi (trimatra) meliputi benda kubus (kubistis) dan benda silindris (tabung). Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Benda Tiga Dimensi Berbentuk Kubistis Atau Balok.

Benda kubistis atau balok adalah benda geometrik yang dibatasi oleh bidang-bidang datar. Bila digambar, jenis gambar ini terkesan mempunyai ruang atau volume, tidak datar atau rata. Contoh benda seni terapan atau seni kerajinan daerah setempat yang berbentuk kubistis antara lain kotak ukir, meja, kursi, lemari, anyaman besek, maket rumah, sangkar burung, atau benda-benda kerajinan lain yang berbentuk kotak atau balok.

2. Benda Tiga Dimensi Berbentuk Silindris Atau Tabung.

Unsur benda tiga dimensi yang berbentuk silindris atau tabung adalah lingkaran yang apabila dilihat secara perspektif berbentuk elips atau bulat telur. Wujud bentuknya ada yang berupa silindris murni dan ada silindris campuran atau ganda (gabungan beberapa silindris menjadi satu benda). Contoh benda seni terapan atau seni kriya tiga dimensi yang berbentuk silindris antara lain anyaman keranjang, gentong, cangkir, kendi (silindris ganda), teko, vas bunga, piala, kendil, kuali, topi, dan caping.

Semoga artikel seni budaya ini bisa memberi inspirasi bagi Anda.

About Agus Siswoyo

Warga Jombang, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo. Matur nuwun!
This entry was posted in Sejarah Budaya, Sosial Budaya and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply