Pengertian Dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan

gambar ornamen kesenian lombok

gambar ornamen kesenian lombok

Apa kabar komunitas blogger Jombang dan blogger Indonesia? Semoga masih tetap bersemangat berbagi ide melalui blog pribadi. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal karya seni rupa terapan. Apakah yang dimaksud dengan karya seni rupa terapan? Apakah definisi karya seni rupa terapan? Mari kita bahas artikel seni rupa ini beserta contohnya.

Menurut Niken Suryanti SPd, definisi seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dirancang oleh manusia untuk tujuan fungsional. Dengan kata lain, karya tersebut dibuat untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) manusia. Seni rupa terapan memiliki fungsi guna atau pakai. Artinya, disamping sebagai benda yang bernilai seni (artistik) juga sebagaib benda yang indah (estetis) dan dapat digunakan untuk kepentingan manusia.

Contoh benda seni terapan adalah meja kursi ukir, benda-benda keramik untuk peralatan rumah tangga, benda-benda anyaman (kipas, keranjang, bakul, tampah, topi), benda-benda gerabah dari tanah liat (guci, paso, cobek, kendil, dandang, kuali, padasan), dan lain-lain. Benda tersebut bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari namun tetap terlihat indah.

Di kawasan Kabupaten Jombang, khususnya di Dusun Guwo, Desa Latsari, Kecamatan Mojowarno, terdapat karya seni rupa terapan yang unik. Karya seni rupa tersebut berupa centong untuk mengambil es dawet. Centong dawet dari desa Guwo terbuat dari kayu randu dan diukir sedemikian rupa sehingga berbentuk tokoh wayang yang disukai. Karena centong dawet dari desa Guwo berbentuk wayang inilah, maka es dawet Guwo dikenal dengan nama Dawet Wayang.

Saya yakin masih banyak karya seni terapan yang ada di wilayah Indonesia lainnya. Bagaimana dengan seni rupa terapan di daerahmu? Apakah punya benda unik yang biasa dipakai sehari-hari? Ayo kita cintai seni budaya Indonesia!

About Agus Siswoyo

Warga Jombang, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo. Matur nuwun!
This entry was posted in Sosial Budaya and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Pengertian Dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan

  1. Pingback: Karya Seni Rupa Terapan Daerah Di Indonesia | The Jombang Taste

  2. Pingback: Teknik dan Media Seni Rupa Terapan Daerah Setempat | The Jombang Taste

  3. dessy says:

    Komentar Perdana saya Bang…
    Follow back ya Kak…
    makaseh…..

Leave a Reply