Pengertian Sosialisasi Dan Agen Sosialisasi di Masyarakat

tata tertib sekolah

tata tertib sekolah

Apa kabar sobat blogger Indonesia? Artikel ini akan menjelaskan pengertian sosialisasi dan pihak-pihak yang melakukan proses sosialisasi di masyarakat.

Pengertian sosialisasi adalah proses penerimaan dan penyesuaian diri terhadap hal-hal yang baru. Arti sosialisasi merupakan proses yang membantu individu belajar dan menyesuaikan diri tentang bagaimana cara hidup serta bagaimana cara berfikir, agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

Sehingga sosialisasi dapat didefinisikan sebagai proses yang mempelajari norma, nilai dan peran dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Pihak-pihak yang melakukan sosialisasi disebut agen atau pelaku sosialisasi. Ada lima agen atau pelaku sosialisasi, yaitu: keluarga, teman bermain, sekolah, media massa, dan agen-agen lain. Agen-agen tersebut misalnya: institusi agama, tetangga, organisasi, lingkungan kerja, dan lain-lain.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sosial Budaya and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Pengertian Sosialisasi Dan Agen Sosialisasi di Masyarakat

  1. Pingback: Macam Sosialisasi Menurut Proses: Sosialisasi Primer dan Sekunder | The Jombang Taste

  2. Pingback: Faktor Intern dan Ekstern Yang Mempengaruhi Sosialisasi | The Jombang Taste

  3. Pingback: Mengapa Kita Perlu Bersosial? Ketahui Tujuan Bersosialisasi di Masyarakat | The Jombang Taste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>