Urutan Sistem Keturunan Keluarga Masyarakat Jawa

gambar wayang orang, wanita jawa, lelaki jawa, wallpaper wanita telanjang, wallpaper lelaki telanjang

karakter wanita jawa

Kekerabatan dalam budaya Jawa menganut sistem patrilineal, yaitu hubungan keluarga yang didasarkan kepada pihak lelaki/bapak/ayah. Sebutan lebih tua atau lebih muda didasarkan pada ayah mereka. Meski ada orang yang secara usia fisik masih muda, namun dia bisa dipanggil kakak, kangmas, mas atau gus karena ayahnya lebih tua.

Urutan menurun kekerabatan Jawa adalah: Bapak/ibu → anak → putu → buyut → canggah → wareng → udheg-udheg → gantung siwur → grepak senthe

Urutan naik kekerabatan Jawa adalah: Grepak senthe → gantung siwur → udheg-udheg → wareng → canggah → buyut → embah → bapak/ibu  anak

Sistem kekerabatan ini berguna dalam hal menelusuri silsilah sebuah keluarga. Jangan sampai kita kehilangan sanak keluarga karena tidak tahu urutan keluarga. Adat Jawa terlihat sedikit ribet. Namun kalau kita mau bijak menilai, banyak sekali pelajaran hidup ada disana.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sosial Budaya and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Urutan Sistem Keturunan Keluarga Masyarakat Jawa

  1. berita kapal says:

    salam kenal dari pelaut batam yg blogger Berita Kapal

  2. asaz says:

    kalau “mas” dengan “kang mas” apa bedanya?

  3. Sederhana dan sangat jelas sekali Sob !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  4. Sangat informatif untuk mengenal budaya Indonesia yang sungguh unik dan beraneka ragam. Saya bangga dengan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Indonesia. Terima kasih. Saya yakin posting anda dapat menjadi salah satu sumber pengetahuan bagi para pembaca lainnya. :-)

  5. Onri says:

    kok gak bisa di copas ya??

Comments are closed.