Bagaimana Proses dan Bentuk Pelangi?

Zemanta Related Posts Thumbnail

Apa kabar kawan-kawan blogger Jombang? Sekarang kan lagi musim hujan. Setelah hujan turun, biasanya muncul warna-warni di langit berbentuk jembatan yang disebut pelangi. Entah kenapa kelihatannya seperti jembatan tempat turunnya bidadari dari kayangan. Bagaimana pelangi yang mengagumkan dan indah ini terbentuk?

Pelangi bukan terbentuk dari satu warna, tapi dari warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, indigo, dan ungu yang tersembunyi di dalam cahaya matahari. Cahaya matahari memiliki beragam campuran warna. Diantara warna tersebut adalah warna yang dapat terlihat oleh mata.

Di dalam cahaya yang dapat terlihat oleh mata terdapat warna yang tak terhitung jumlahnya. Tapi ketika warna ini membentur benda, jumlah yang dibelokkan berbeda tergantung jenisnya. Kamu bisa lihat sendiri warnanya kalau sinar matahari diteruskan ke prisma matahari.

Sinar matahari yang terlihat tidak berwarna, kalau diteruskan melewati prisma, akan terbagi menjadi beberapa warna. Melihat warna gambar di atas, warna merah adalah yang paling sedikit dibelokkan, dan warna ungu adalah warna yang paling banyak dibelokkan. Dengan perbedaan pembelokan cahaya inilah pelangi bisa terbentuk.

Tepi, kenapa langit yang tidak memiliki prisma bisa membentuk pelangi? Itu karena di langit terdapat banyak sekali tetesan air yang tidak terlihat oleh mata yang berfungsi sebagai prisma. Sinar matahari yang menembus tetesan air dibengkokkan berdasarkan warnanya, dengan begitu terbentuklah pelangi.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat Anda.

Referensi: Science Color

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sains dan Teknologi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Bagaimana Proses dan Bentuk Pelangi?

  1. Pingback: Kenapa Air Kolam Terlihat Berwarna Biru? | The Jombang Taste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>