Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Sedimen

Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Sedimen

Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Sedimen

Halo blogger Indonesia! Artikel geografi kembali menyapa pembaca The Jombang Taste Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal pengertian dan macam-macam batuan beku. Kali ini kita akan membahas pengertian batuan sedimen, jenis batuan sedimen, serta contoh batuan sedimen.

Pengertian batuan sedimen adalah batuan yang telah mengalami proses pelapukan yang dipindahkan oleh air sungai, gletser dan angin, kemudian diendapkan ke tempat lain. Macam-macam batuan sedimen dapat dibedakan menurut tenaga yang membawanya, menurut proses atau asal pembentukan, dan menurut tempat pembekuannya.

Jenis Batuan Sedimen Menurut Tenaga Pembawa

Menurut tenaga yang membawa, batuan sedimen dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Batuan sedimen akuatis. Pengertian batuan sedimen akuatis adalah batuan yang diendapkan oleh tenaga air. Contoh batuan sedimen akuatis adalah batu pasir dan tanah liat.

2. Batuan sedimen aeris atau aeolis. Pengertian batuan sedimen aeris atau aeolis adalah batuan yang diendapkan oleh tenaga angin. Contoh batuan sedimen aeris atau aeolis adalah tanah loss, tanah pasir, sand dunes, dan barchan.

3. Batuan sedimen glasial. Pengertian batuan sedimen glasial adalah batuan yang diendapkan oleh tenaga es atau gletser. Contoh batuan sedimen glasial adalah morena.

4. Batuan sedimen marine. Pengertian batuan sedimen marine adalah batuan yang diendapkan oleh tenaga air laut. Contoh batuan sedimen marine adalah tombolo dan gosong pasir.

Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Sedimen

Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Sedimen

Jenis Batuan Sedimen Menurut Asal Pembentukan

Berdasarkan proses terjadinya atau asal pembentukannya, batuan sedimen dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Batuan sedimen klasik atau mekanik. Pengertian batuan sedimen klasik atau batuan sedimen mekanik adalah batuan yang terbentuk oleh disintegrasi batuan asal atau hancurnya batuan yang ukurannya berbeda-beda melalui proses pelarutan. Contoh batuan sedimen klasik adalah breksi, konglomerat, tanah pasir, batu pasir, dan tanah liat. Breksi adalah kerikil dengan sudut-sudut tajam. Konglomerat adalah kerikil dengan sudut-sudut tumpul.

2. Batuan sedimen organik. Pengertian batuan sedimen organik adalah batuan yang proses pembentukannya berasal dari kegiatan binatang dan tumbuh-tumbuhan. Contoh batuan sedimen organik adalah batu bara (coal) dan batu kapur (lime stone).

3. Batuan sedimen anorganik atau kimiawi. Pengertian batuan sedimen anorganik atau batuan sedimen kimiawi adalah batuan yang terbentuk dari endapan hasil pelarutan secara kimia. Contoh batuan sedimen anorganik adalah batu pasir dan tanah liat.

Jenis Batuan Sedimen Berdasarkan Tempat Pengendapan

Menurut tempat diendapkannya, batuan sedimen dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Batuan sedimen teritis. Pengertian batuan sedimen teritis adalah jenis batuan sedimen yang diendapkan di darat. Contoh batuan sedimen teritis adalah batu pasir dan tanah loss.

2. Batuan sedimen marine. Pengertian batuan sedimen marine adalah jenis batuan sedimen yang diendapkan di laut. Contoh batuan sedimen marine adalah batu karang dan batu garam.

3. Batuan sedimen fluvial. Pengertian batuan sedimen fluvial adalah jenis batuan sedimen yang diendapkan di sungai. Contoh batuan sedimen fluvial adalah pasir dan tanah liat.

4. Batuan sedimen glasial. Pengertian batuan sedimen glasial adalah jenis batuan sedimen yang diendapkan di daerah es atau salju. Contoh batuan sedimen glasial adalah batu morena.

About Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Ingin tahu lebih lanjut? Follow me at Twitter @agussiswoyo.
This entry was posted in Sains dan Teknologi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Sedimen

  1. Pingback: Pengertian, Jenis Dan Contoh Batuan Metamorf Atau Batu Malihan | The Jombang Taste

  2. Pingback: Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen Pembentuk Permukaan Bumi | The Jombang Taste

  3. Sangat bermanfaat sekali, terimakasih atas ilmunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>