Service AC

Ini Dia Bahaya AC Tidak Dibersihkan

September 24, 2020

Menurut para pakar service AC, alat pendingin ruangan ini wajib dibersihkan minimal sebulan sekali. Pertanyaannya mengapa demikian? Tentu saja, Anda pasti berpikir bahwa AC tidak perlu rutin dibersihkan. Toh, AC tetap berjalan normal.

Ternyata, membersihkan AC berpengaruh pada tingkat polusi udara ruangan yang Anda huni lho. Maka, tidak ada salahnya Anda sewa jasa service AC Tangerang dan lakukan cek rutin bulanan.

Bahaya AC Tidak Dibersihkan

AC merupakan sebuah alat yang mana dapat mengatur siklus udara di rumah / kantor Anda. Selain membuat ruangan sejuk, alat ini juga membuat kualitas udara yang kita hirup lebih bersih, bebas polusi, dan bebas kuman. Tapi ketika sebuah AC sudah jarang dibersihkan, maka hal yang akan terjadi adalah AC menjadi tempat berbahaya bagi Anda dan seluruh penghuni ruangan tersebut. Kira-kira apa bahaya tidak rutin panggil service AC Tangerang?

  1. Jadi Sarang Kuman, Debu, dan Kotoran

Pertama, bahaya ketika AC tidak rutin dibersihkan adalah akan menjadi sarang dari kuman, kotoran, dan juga debu. Tentu saja, hal ini akan berbahaya untuk kesehatan Anda karena semua kotoran dan kuman tersebut bisa ikut masuk terbawa ke indera penciuman. Maka dari itu, jangan ragu untuk panggil jasa tukang AC ya.

  1. Muncul Penyakit Pernapasan

Kedua, bahaya ketika AC tidak rutin dibersihkan adalah akan memunculkan ancaman penyakit pernapasan pada Anda. Hal ini terjadi karena penyaring yang harusnya membuat kualitas udara bersih malah tertutup oleh semua kotoran tersebut.

Akibatnya, udara yang dikeluarkan dari dalam AC yang harusnya sudah difilter malah membawa kotoran dan kuman yang menyebabkan penyakit, contohnya asma. Yuk, panggil jasa service AC.

  1. Jadi Tempat Tumbuh Bakteri dan Jamur

Terakhir, bahaya ketika AC tidak rutin dibersihkan adalah akan menjadi sarang dari bakteri dan jamur. Hal ini terjadi karena AC merupakan sebuah alat yang komponennya selalu lembab.

Sama dengan mesin cuci, jika tidak rutin dibersihkan, maka komponen-komponen tersebut dapat ditumbuhi jamur dan bakteri. Nantinya, jamur dan bakteri ini akan terbawa keluar dan membuat kualitas udara rumah / kantor Anda jadi tidak sehat.

Demikian ulasan mengenai bahaya jika AC tidak rutin dilakukan pembersihan. Tentunya, malas membersihkan AC bisa mempengaruhi fungsi kerjanya yang bertugas untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan tetap bersih dan sejuk. Sekali lagi, lakukan perawatan rutin dengan memanggil jasa service AC Tangerang. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.