Jasa Kebersihan

Jasa Semprot Disinfektan: Perlukah?

September 9, 2020

Jasa Semprot Disinfektan Perlukah

Disinfeksi atau penyemprotan disinfektan menjadi upaya yang dinilai efektif untuk membunuh mikroorganisme patogen.

Bahkan ada peneliti yang mengatakan bahwa disinfeksi adalah langkah pencegahan penularan serta mampu membunuh virus yang dikhawatirkan masih bersarang di benda atau suatu tempat tertentu. Mungkin dari situlah muncul fenomena baru berupa lonjakan penggunaan jasa semprot disinfektan.

Penyemprotan disinfektan selain di rumah sebenarnya sangat disarankan untuk dilakukan di berbagai area-area atau fasilitas umum yang memiliki tingkat paparan lebih tinggi sebab digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat yang bisa jadi merupakan carrier penyakit berbahaya.

Fasilitas umum atau area-area yang perlu lebih diperhatikan oleh para penyedia jasa semprot disinfektan adalah tempat umum seperti tempat ibadah, poskamling, taman kota, hingga bandara, gerbong kereta, toilet serta benda-benda yang seringkali disentuh oleh publik.

Menyemprotkan disinfektan benar-benar menjadi hal yang penting sebab ada studi yang menyebutkan bahwa virus covid-19 ini mampu bertahan di benda mati, bahkan hingga berjam-jam ketika berada di udara. Untuk itu tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa semprot disinfektan.

Penggunaan disinfektan dengan kandungan alkohol sedikitnya 65% terbukti ampuh membunuh bakteri yang ada di benda mati. Alkohol tersebut bisa diganti dengan bahan kimia disinfektan lain, seperti bleaching agent maupun sodium chloride.

Namun perlu diketahui bahwa proses disinfeksi harus dilakukan secara berkala untuk hasil yang maksimal, misalkan 2 kali sehari apabila benda-benda tersebut telah digunakan, karena ada potensi untuk terkontaminasi lagi.

Sedangkan untuk membasmi penyebaran virus di udara, jenis disinfeksi yang digunakan dapat berupa air sanitizer maupun sinar UV-C.

Selain itu, perlu untuk selalu mengingat dan menerapkan kebiasaan tidak menyentuh benda-benda sembarangan apabila belum ada proses disinfeksi sebelumnya, baik oleh mandiri maupun oleh jasa semprot disinfektan.

Sebagai tambahan, penanggulangan Corona selain dengan bantuan jasa semprot disinfektan dapat ditempuh dengan dua jenis usaha yaitu pharmaceutical dan non- pharmaceutical. Pharmaceutical merupakan usaha dengan melakukan pengembangan obat maupun vaksin dan berbagai tindakan treatment lainnya.

Sedangkan non- pharmaceutical merupakan usaha yang lebih ditekankan pada aspek kesadaran diri sendiri (cuci tangan, menggunakan masker, dan self quarantine).