Kesehatan

Jenis-jenis Madu Yaman Asli, Madu paling Enak di Dunia

January 2, 2021

 Madu Yaman Asli

Madu Yaman asli berasal dari pegunungan negeri Yaman, merupakan madu jenis multiflora yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan tubuh. Orang-orang di Yaman bahkan sering menyajikan madu dalam bentuk hantaran untuk menyambut tamu.

Selain memiliki rasa paling enak, harganya pun diklaim paling mahal di antara jenis madu lainnya. Yuk, mengenal lebih dekat tentang madu ini.

Daftar Isi Artikel

Macam-macam Madu Yaman

Ada 4 jenis madu Yaman yang bisa Anda nikmati manfaatnya. Apa saja?

1. Madu sidr

Harganya fantastis karena masa panennya langka, yakni hanya dua kali dalam setahun. Madu sidr punya beberapa jenis, di antaranya:

  • Madu sidr fakhir, dari lebah liar di gua-gua Wadi Ushaimat, Yaman Utara. Madu kelas tertinggi yang langka ini rasanya lembut, kental, dan memiliki aroma sidr yang kuat.
  • Madu sidr malaki, diperoleh dari panen terakhir musim madu ternak, termasuk kelas tertinggi untuk kelompok madu ternak di Y Madu ini lebih harum dan lebih jernih dari madu sidr di bawahnya.
  • Madu sidr grade 1, diperoleh pada musim kedua saat panen madu sidr. Level madu ini berada di bawah madu sidr malaki.
  • Madu sidr grade 2, diperoleh pada musim pertama saat panen madu sidr, terdapat di akhir musim mara’i.
  • Madu sidr shaify, berasal dari lebah liar. Warnanya kekuningan terang dan teksturnya

2. Madu sumroh

Madu Yaman asli yang satu ini warnanya paling pekat dan memiliki rasa paling manis. Madu sumroh ada dua jenis, yaitu madu sumroh fakhir dan madu sumroh ternak. Perbedaan keduanya adalah sumroh fakhir warnanya lebih terang, tekstur kental, dan rasanya tidak terlalu manis. Sedangkan sumroh ternak warnanya lebih pekat dengan rasa lebih kuat.

3. Madu mara’i

Berasal dari pohon Saisabanah, madu mara’i dikonsumsi masyarakat Yaman sehari-hari. Madu mara’i dapat dijumpai di pasaran dengan kisaran harga yang lebih terjangkau.

4. Madu Marba’i

Tekstur madu marba’i sangat kental, dipanen saat musim panas pada bulan keenam. Memiliki warna gelap, rasanya khas dengan sensasi gosong. Meski langka dan mahal, madu ini tak sepi peminat.

Nah, jangan lupa mengonsumsi madu yaman asli secara rutin. Kandungan oksidan tinggi dan anti bakteri di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan Anda.