Alat Elektronik

Mitos Dan Fakta Penggunaan AC Low Watt

May 23, 2021

Mitos Dan Fakta Penggunaan AC Low Watt

Menggunakan AC memang membuat tagihan listrik bisa membengkak. Namun jika ini dikonsultasikan ke penyedia jasa service AC Jakarta Pusat, biasanya disarankan untuk menggunakan AC low watt agar lebih hemat energi.

Teknologi baru AC low watt dipercaya sebagai terobosan baru dalam mengatasi penggunaan listrik menjadi lebih hemat. Pilihan yang cukup bagus juga sebenarnya karena kenyamanan mendapatkan suhu ruangan yang sejuk ditambah hemat listrik.

Jika biasanya tarikan konsumsi listrik AC standar adalah 800watt, maka AC low watt hanya setengahnya saja yakni sekitar 350-400 watt. Ada beberapa mitos seputar AC low watt dibandingkan AC Standar

Daftar Isi Artikel

Mitos AC Low Watt

  1. Lebih Hemat Dibandingkan AC Standar

Faktanya memang benar lebih hemat, dari segi biaya listriknya Anda bisa menghemat hingga 20% per bulan.

Namun prinsip cara kerjanya sama yang terletak pada kompresor. Pada AC low watt, kompresor menggunakan daya listrik yang lebih kecil dengan kinerja kipas yang lebih kuat.

Kompresor ini justru harus bekerja lebih lama untuk memastikan ruangan terasa dingin. Dengan demikian suhu yang diinginkan akan lebih lama dibandingkan AC Standar. Sebagian jasa service AC sering menangani kerusakan yang terjadi pada AC low watt.

  1. Kinerja AC Low Watt Sebaik AC Standar

Sesuai dengan namanya low watt, maka yang dianggap baik adalah komponen hemat listriknya. Suhu yang dihasilkannya justru membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa dingin, sebagaimana penjelasan di atas.

  1. Cocok Untuk Semua Ruangan

Faktanya adalah AC low watt diciptakan untuk pemilik rumah yang memiliki daya listrik rendah agar bisa menggunakan AC.

Memang lebih cocok untuk ruangan yang digunakannya itu tidak terlalu lama, seperti ruangan kantor yang berada di rumah, ruang tamu, atau ruangan yang digunakan tidak lebih dari 3 jam.

Bagaimana jika digunakan untuk ruang keluarga? Justru AC low watt kurang cocok digunakan di ruang keluarga. Apalagi jika terdapat jendela dan ukuran ruangannya besar, suhu dingin tidak akan terasa maksimal.

Jika tetap tertarik untuk memasang AC low watt, tidak ada salahnya segera minta tolong jasa service AC untuk segera memasangnya.