Konstruksi

Permasalahan Baja Ringan yang Tidak Diketahui

September 5, 2020

Permasalahan Baja Ringan yang Tidak Diketahui

Selain pengerjaan baja ringan yang mudah dan tergolong cepat, kualitasnya yang lebih unggul daripada kayu dan masih banyak kelebihan lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan dalam proses pembangunan akan ada permasalahan karena beberapa faktor tertentu. Berikut faktor yang dapat mengurangi kualitas hasil pengerjaan pemasangan atap baja.

Cara Pemasangan

Pemasangan dudukan rangka atap yang miring menyebabkan daya tekan konstruksi tidak seimbang. Jika dibiarkan akan mempengaruhi kekuatan konstruksi. Adanya kasus kontruksi roboh atau melengkung disebabkan oleh kondisi seperti itu.

Ada satu kesalahan pada teknik pemasangan akan mempengaruhi bagian yang lainnya karena proses pemasangannya merupakan satu kesatuan. Ibarat sistem pemasangan rangka baja seperti sarang laba-laba yang sudah dihitung secara tiga dimensi.

Tenaga kerja yang bersertifikat sangat diperlukan dalam pemasangan atap baja ini. Perhitungan tekanan beban dan jarak pemasangan rangka yang sudah dilakukan oleh sistem tiga dimensi hanya dapat dipahami oleh tenaga berpengalaman.

Kualitas Material

Mengingat posisi rangka baja ada di atas kepala kita. Menekan biaya pengeluaran untuk mendirikan bangunan boleh saja, namun juga perlu memikirkan risiko yang ditimbulkan.

Memilih material baja yang berkualitas tinggi dengan harga mahal tidak ada salahnya. Karena hal itu juga dapat menghasilkan konstruksi rumah yang memiliki umur panjang.

Kurang Perencanaan

Desain rangka atap baja ringan yang tidak memperhatikan distribusi beban saat pemasangan akan mengakibatkan atap ambruk. Pemasangan beban berat seperti lampu gantung, mesin penghangat ruangan atau mesin lain yang memiliki bobot berlebih seharusnya direncanakan dari awal.

Sifatnya yang anti karat ada karena mereka dilapisi oleh lapisan anti karat. Jika lapisan tersebut hilang, kualitasnya akan menurun. Seperti pada saat pemasangan genting jika tidak berhati-hati akan terjadi banyak benturan pada rangka baja, tanpa sadar bisa menghilangkan lapisan anti karatnya. Begitu juga jika terjadi kebocoran saat musim hujan, jika material baja terkena tetesan air hujan dan tidak segera ditangani akan membuat atap baja berkarat.

Lokasi Pemasangan

Memasang rangka baja di pegunungan dan di daerah pesisir pantai akan memiliki umur yang berbeda. Bisa diasumsikan jika memasang rangka baja di daerah pegunungan akan berumur lebih panjang daripada di daerah pantai. Mengingat air laut yang mengandung garam akan menyebabkan rangka baja mudah mengalami korosi.

Demikian permasalahan rangka atap baja ringan yang tidak disadari oleh banyak orang dari jasa pasang baja ringan Bogor. Rangka atap adalah struktur yang harus sangat diperhatikan karena mempengaruhi konstruksi bangunan.